Tetapkan Tanggap Darurat Bencana Angin Puting Beliung, Begini Kata Pemkab Bandung

Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin saat meninjau lokasi bencana angin puting beliung disertai hujan deras di Rancaekek, Kabupaten Bandung serta Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Rabu (21/2/2024). (Foto: Pemprov Jabar).

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung sebelumnya telah melaporkan bahwa ribuan jiwa di tiga kecamatan terdampak angin puting beliung, dengan Cicalengka, Rancaekek, dan Cileunyi menjadi wilayah yang paling terdampak. Terdapat 497 rumah yang mengalami kerusakan dari ringan hingga berat.

Baca Juga:  Pemkot Bandung Akui Belum Ada Solusi, Usulkan Status Darurat Sampah Diperpanjang

Kasi Darurat Logistik BPBD Kabupaten Bandung, Asep Mahmud, menjelaskan bahwa angin puting beliung merusak bangunan rumah dan struktur lainnya di ketiga kecamatan tersebut, dengan total 1.308 jiwa terdampak.

Baca Juga:  Posyandu Goes To Mall, Inovasi Keren Di Bojongloa Kaler

“Ada 1.308 jiwa yang terdampak, terdiri dari 422 kepala keluarga, 223 bangunan rusak berat, 208 bangunan rusak sedang, dan 66 bangunan rusak ringan,” ungkapnya di Rancaekek, Kabupaten Bandung, Kamis (22/2).

Baca Juga:  Kasus DBD Meningkat, Dinkes Cianjur Lakukan Ini

Langkah-langkah penanganan dan pemulihan terhadap dampak angin puting beliung ini sedang diupayakan oleh pemerintah setempat, dengan dukungan dari berbagai pihak terkait. (red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News