Waduh! BMKG Aceh Catat Terjadi 1.202 Gempa Selama Tahun 2023

Gempa Aceh
Data gempa bumi di Aceh selama tahun 2023. (Foto: Istimewa).

“Tidak ada kejadian gempa bumi yang terjadi pada kedalaman dalam dengan kedalaman lebih sama dengan 300 kilometer,” ucapnya.

Tambahnya, terdapat 38 gempa bumi yang dirasakan sepanjang tahun 2023 dimana skala dampak dirasakan terbesar mencapai IV MMI (Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi).

Baca Juga:  Aceh Empat Kali Diguncang Gempa Bumi, Tidak Berpotensi Tsunami

“Kejadiannya di kawasan Aceh Besar magnitudo 3,7, 2 kali di Tengara Aceh Singkil dengan magnitudo 6,2 dan 5,2 dan terakhir di Aceh Barat pada 9 Juli 2023 dengan magnitudo 5,5,” imbuh Andi.

Baca Juga:  Pasca Gempa Bumi di Sukabumi, BPBD Jabar Tetap Siaga

Dari peta seismisitas, Kata Andi, wilayah Aceh pada tahun 2023 terlihat bahwa wilayah patahan Sumatera segmen Aceh-Central yang terletak Kabupaten Pidie bagian Barat merupakan wilayah dengan tingkat keaktifan gempa bumi (seismisitas) tinggi.

“Dengan keaktifan gempa bumi di wilayah Aceh yang tinggi, kami menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, bersikap tenang, tidak panik dan tidak terpancing oleh informasi-informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” bilangnya. (Mad)

Baca Juga:  Giliran Sukabumi dan Garut Digunjang Gempa, BMKG Minta Warga Tetap Waspada

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News