Warga Desa Wanawali Apresiasi Program TMMD Kodim 0619 Purwakarta

Purwakarta | Jabarnews.com- Warga Desa Wanawali Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat sangat mengapresiasi program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di desanya.

Pasalnya, dalam TMMD yang ke-100 ini, Kodim 0619 Purwakarta bersama Pemerintah Kabupaten Purwakarta dan stakeholder terkait akan membangun jalan di Desa Wanawali Kecamatan Cibatu yang menghubungkan Desa Mekar Jaya dan Desa Margaluyu Kecamatan Kiara Pedes.

“Saya mewakili masyarakat Desa Wanawali mengucapkan terima kasih dan apresiasi terkait program TMMD ini,” kata Kades Wanawali Edin, saat ditemui usai mengikuti kegiatan sosialisasi program TMMD di aula Desa Wanawali, Jum’at (21/04/2017).

Sebagai bentuk apresiasi warga Desa Wanawali, Edin mengungkapkan masyarakat desa siap dilibatkan dalam kegiatan TMMD tersebut dan akan membuat jadwal untuk mengikuti gotong-royong bersama personil TNI dalam membangun jalan.

Baca Juga:  Ketua MUI Purwakarta Apresiasi Polisi dan Pemerintah Terkait Penanganan Mudik Lebaran 2023

“Desa kita berjumlah 10 RT dan semua masyarakatnya akan kita libatkan untuk bergotong-royong bersama personil TNI dalam membangun jalan,” ungkap Edin.

Edin menjelaskan, dengan dibangunnya jalan yang menghubungkan 2 Kecamatan tersebut, sudah barang tentu memberikan dampak yang sangat baik, seperti lancarnya transportasi warga, naiknya harga tanah serta mampu meningkatkan taraf ekonomi warga dari berbagai bidang.

Sementara itu Pasi Ter Kodim 0619/Purwakarta Kapten Arm Pujianto menambahkan, kegiatan TMMD adalah wujud peran serta TNI dalam membantu percepatan pembangun disebuah wilayah.

Dalam TMMD ini, Kodim 0619 Purwakarta bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Purwakarta, para stakeholder terkait dan masyarakat luas.

Baca Juga:  Jumlah Sapi yang Terindikasi Penyakit PMK di Purwakarta Bertambah

“Saat ini baru tahap sosialisasi, kemarin kita juga mengadakan kegiatan serupa di aula Desa Mekar Mulya, Kecamatan Kiara Pedes. Alhamdulillah masyarakat sangat mendukung program TMMD ini,” kata Pujianto.

Pujianto menjelaskan, TMMD adalah salah satu wujud kepedulian TNI kepada masyarakat dan dalam pembangunan jalan tersebut akan dibangun secara swakelola antara TNI dan masyarakat.

“Setelah ini kita akan melakukan rapat koordinasi dengan stakeholder yang terlibat, jika tidak ada perubahan pekerjaan jalan ini akan dimulai bulan Mei mendatang,” jelasnya.

Pujianto juga berharap kerjasama dari perangkat desa setempat dan semua masyarakat dalam kegiatan ini, dan satu hal lagi, bagi setiap personil TNI yang ikut serta dalam pembangunan jalan akan menginap di rumah-rumah warga sekitar.

Baca Juga:  Duh, Gudang Logistik Pemilu di KPU Karawang Minim Alat Pemadam Kebakaran

“Nantinya dalam pelaksanaan setiap prajurit TNI akan menginap di rumah warga sekitar dalam rangka membaur kepada semua masyarakat karena pada dasarnya Roh TNI ada di masyarakat,” tuturnya.

Untuk diketahui, dalam program TMMD ke-100 tahun 2017 ini, untuk kegiatan fisik Kodim 0619 Purwakarta bersama masyarakat akan membangun jalan yang menghubungkan 2 Kecamatan dengan panjang 7,2 kilometer dan lebar 5 meter.

Sedangkan untuk kegiatan non fisik, akan digelar beberapa kegiatan seperti penyuluhan bela negara, KB, kesehatan, HIV, kesadaran hukum, narkoba, ideologi kebangsaan pancasila, pertanian, kegiatan kerohanian dan sebagainya. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat