500 BUMDesa Berprestasi di Jabar Terima Bantuan Permodalan

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan pihaknya akan terus mengupayakan kemajuan desa dengan meningkatkan aktivitas perekonomian masyarakat desa.

“Maka kita bangun desa dengan revolusi digital,” kata Ridwan Kamil dalam acara penyerahan bantuan permodalan BUMDesa dan BUMDesa Awards di Gedung Sate, Bandung, Sabtu (2/11/2019).

Emil, sapaan Ridwan Kamil, menuturkan membangun desa digital antara lain dengan melengkapi wilayah pedesaan dengan infrastruktur internet sehingga masyarakat desa punya akses informasi dan akses bisnis.

Baca Juga:  Setelah Minyak Goreng dan Kedelai, Kini Harga Daging Sapi di Kota Bandung Mulai Melejit

Selain itu, terdapat program One Village One Product (OVOP) yang didukung dengan tersedianya Pusat Digital Desa (Talesa). Di Talesa, produk yang dihasilkan masyarakat desa akan didistribusikan dengan sistem online.

Menurut Emil, pihaknya juga menggandeng generasi milenial untuk menjadi CEO di perusahaan desa lewat program Patriot Desa. Saat ini, sudah ada 110 pemuda lulusan perguruan tinggi yang siap mengabdi selama dua tahun untuk memajukan ekonomi perdesaan.

Baca Juga:  DPRD Jabar Sebut Industri E-Sport Punya Peran Besar dalam Pertumbuhan Ekonomi Kreatif

“Melalui kepemimpinan dan teknologi, desa akan kita revolusi. Saya butuh orang desa yang semangat,” katanya.

Di acara ini, Emil menyerahkan bantuan masing-masing Rp100 juta kepada 500 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) berprestasi di Jawa Barat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa) Jabar, Dedi Supandi, mengatakan, kategori BUMDes yang mendapatkan bantuan permodalan di antaranya BUMDes berprestasi, BUMDes yang memberi pengaruh pada desa mandiri dan desa perbatasan, BUMDes pemicu diraihnya lomba Desa Juara, juga BUMDes produktif.

Baca Juga:  Anggaran Rutilahu di Kabupaten Bandung Masih Kurang, Hanya Rp17,5 Juta

Dedi menambahkan, pihaknya menjalin kerja sama dengan PT Astra dan telah menghasilkan CEO muda yang membantu perekonomian desa di bawah bimbingan perusahaan tersebut.

“PT Astra juga menyerahkan bantuan Rp1 miliar untuk 100 BUMDes di bawah bimbingan perusahaan,” ucapnya. (Red)