DPRD Jabar: Desa-Desa di Cianjur Potensial Jadi Objek Wisata

Lilis Boy
Anggota DPRD Jawa Barat Lilis Boy melaksanakan kegiatan penyebarluasan Perda di Desa Munjul, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Selasa (21/11/2023). (Foto: Humas DPRD Jabar).

JABARNEWS | CIANJUR – Anggota DPRD Jawa Barat Lilis Boy menilai banyak desa-desa di Jabar salah satunya di Kabupaten Cianjur potensial menjadi desa wisata. Baik itu pariwisata berbasis budaya atau kultural tourism, sejarah, nilai kearifan lokal hingga wisata berbasis alam dan sebagainya.

Baca Juga:  Inilah Penyebab Uji Coba Kedua Sistem 2-1 Jalur Puncak Ditunda

Pengembangan desa wisata bisa terealisasi selain pembinaan tata kelola desa wisata, harus didukung juga dengan Sumber Daya Manusia (SDM) mumpuni atau adanya peningkatan kapasitas SDM dan ekonomi kreatif desa wisata tingkat lanjutan.

“Salah satu syarat pengembangan desa wisata itu SDM yang mumpuni, penataan desa wisata termasuk desanya,” kata Lilis Boy di Kabupaten Cianjur, Jumat (24/11/2023).

Baca Juga:  Kompak, Bupati Dan Wakil Bupati Purwakarta Nyaleg

Menurut Lilis Boy pengembangan potensi desa wisata sangat penting, strategis bagi masyarakat desa karena berada dekat dengan masyarakat desa. Desa wisata pun dinilai memberikan efek ganda atau multiplier effect, tak hanya berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi berbasis pedesaan.

Baca Juga:  Tak Terbukti Lakukan Penipuan, Irfan Suryanagara Divonis Bebas PN Bale Bandung

Tapi, lanjut dia, berdampak juga pada mendorong pelestarian alam yang akan mereduksi pemanasan global. “Berdampak positif juga dalam mencegah urbanisasi masyarakat ke perkotaan,” katanya.