DPRD Jabar: Korban Longsor Kampung Bonjot Harus Segera Direlokasi

JABARNEWS | BANDUNG – Wakil Ketua Komisi V DPRD Jawa Barat, Yomanius Untung, melakukan peninjauan ke lokasi terdampak bencana longsor di Kampung Bonjot, Desa Buninagara, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (7/3/18).

Kegiatan ini dalam rangka mengetahui kesigapan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam mengatasi bencana tersebut.

Baca Juga:  Pansus RTRW Jabar Ungkap Baru Dua Kabupaten yang Tetapkan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan

“Ingin mengetahui persis kesigapan BPBD, langkah-langkah BPBD baik Kabupaten/Provinsi, dan melihat kondisi faktual di lapangan terkait dengan korban dan masyarakat yang terkena dampak dari bencana longsor,” jelasnya saat dihubungi, Rabu.

Lebih lanjut pihaknya ingin melakukan penelaahan mengenai relokasi perkampungan dan cara mengantisipasi hal itu jika terjadi lagi.

Baca Juga:  DPRD Jabar Ingin Pemerintah Berantas Situs Judi Online Secara Maksimal

“Pemprov menyalurkan Bantuan Persediaan Stok (Baperstok) dan kami pihak penyalur,” ujarnya.

Ia mengimbau instansi yang berwenang di zona merah segera merelokasi.

“Ada kecenderungan itu adalah zona merah yang tidak boleh dihuni masyarakat, sehingga kami memghimbau instansi di wilayah itu segera merelokasi masyarakat setempat.”

Baca Juga:  Kata Gerindra Jabar Soal Wacana Pilkada Dipilih DPRD: Bisa Buat Hemat Anggaran?

“Namun relokasi tidak dijauhkan dari mata pencahariannya, kemudian harus terjamin fasilitas pendidikan, peribadatan, dan kesehatan,” tutupnya. (Dan)

Jabarnews | Berita Jawa Barat