DPRD Jabar Sebut Pelaksanaan PPDB 2023 Masih Banyak Kebocoran

Ilustrasi PPDB di Jabar. (Foto: Dok. JabarNews).

JABARNEWS | BANDUNG – DPRD Provinsi Jawa Barat menyebutkan bahwa pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMK, SMA dan SLB di 2023 ini masih banyak terjadi kebocoran.

Wakil Ketua Komisi V DPRD Jabar Abdul Hadi Wijaya mengatakan bahwa sistem PPDB yang dilaksanakan oleh Kemdikbud harus dievaluasi secara menyeluruh, karena nyatanya masih banyak oknum masyarakat yang mengakali skema ini. Terlebih kesalahan yang sama selalu terulang di setiap pelaksanaan PPDB.

Baca Juga:  Sekretariat DPRD Jabar Serahkan Donasi Peduli Palestina

“Klasik sebenarnya. Saya belum melihat ada pergeseran serius dalam penanganannya,” kata pria yang akrab disapa Gus Ahad ini, Minggu (9/6/2023).

Baca Juga:  Soal Kejanggalan Proyek RSUD Parung Bogor, DPRD Jabar Bilang Begini

Dia mencontohkan, seperti jalur prestasi melalui nilai raport. Ternyata ada perbedaan standardisasi antar sekolah di SMP, sehingga anak yang sejatinya pintar tetapi karena sekolahnya tidak ‘royal’ terhadap nilai kata dia, akhirnya berujung menyulitkan anak masuk ke sekolah sesuai keinginannya.

Baca Juga:  Matangkan Pembahasan Raperda RPPLH, DPRD Jabar Kunjungi Sumsel

Tidak hanya itu, jalur prestasi dari olahraga juga dinilainya belum baku karena ada perbedaan apresiasi antara jalur KONI dan KORMI.