Anggota DPRD Jabar Ini Desak Aparat Tindak Pelaku Pungli Calon Pekerja di Karawang

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Ihsanudin. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | KARAWANG – Sebagai salah satu daerah dengan kawasan industri terbesar dan upah tertinggi di Indonesia, Kabupaten Karawang menjadi bidikan para pencari kerja. Sayangnya, segelintir oknum lembaga dan organisasi malah memanfaatkan kondisi ini untuk menarik pungutan liar atau pungli dari para calon pekerja.

Baca Juga:  Partainya Difitnah Sebagai Penghianat Umat Islam, Anggota DPRD Jabar Fraksi Gerindra: Rusak Bangsa Ini!

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Ihsanudin mengatakan, keluhan mengenai pungli ini disampaikan oleh sejumlah para pencari kerja kepadanya.

Para pencari kerja ini, lanjut Ihsanudin, mengaku keberatan dengan besarnya pungli yang dikenakan oknum lembaga atau organisasi yang menjadi penghubung antara pencari kerja dengan perusahaan di Karawang.

Baca Juga:  Duh, Korban Kasus Kekerasan pada Perempuan dan Anak di Karawang Tembus hingga 144 Orang

“Ini tampaknya sudah menjadi rahasia umum. Para pencari kerja ini ditarik pungli oleh oknum lembaga atau organisasi yang menjanjikan mereka untuk bekerja di salah satu perusahaan di Karawang,” kata Anggota Dewan dari daerah pemilihan Kabupaten Karawang dan Purwakarta ini, Selasa (10/5/2022).

Baca Juga:  Simak! Ini Dia Empat TOD Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Catat Lokasinya Disini

Dia menjelaskan, para pencari kerja ini dipungut uang antara Rp2 juta sampai Rp15 juta per orangnya. Padahal mereka kebanyakan ditempatkan sebagai pekerja kontrak dengan posisi sebagai teknisi atau buruh dengan gaji yang tidak jauh dari UMK.