DPRD Jabar Sebut Sektor Perkebunan Bisa Atasi Kemiskinan

Sekretaris Komisi II Provinsi Jawa Barat Yunandar Eka Perwira dalam Forum Perangkat Daerah Tahun 2024 di Hotel Grand Sunshine, Kabupaten Bandung, Kamis (22/2/2024). (Foto: Humas DPRD Jabar).

Dia berharap, bisa meningkatkan produksi dan peningkatan kesejahteraan petaninya. Ketika petani meningkat kesejahteraannya akan membutuhkan pelaku usaha yang lain, sudah tentu pergerakan perekonomiannya akan tumbuh.

Selain itu, Yunandar mencontohkan perkebunan di Jawa Barat diawali oleh kolonial Belanda yakni dengan menciptakan perkebunan yang berkembang dengan pesat dan bisa memancing tumbuhnya bisnis-bisnis lain. Karena itulah sektor perkebunan berkembang pesat makan kemiskinan bisa terselesaikan.

Baca Juga:  Komite Eksekutif PSSI Segerakan Bentuk Departemen Integritas

“Seperti jaman dahulu perkebunan dibuka di Jawa Barat, oleh orang-orang Belanda itu mereka tidak sendirian awalnya, sampai perkebunannya berkembang dan menciptakan bisnis-bisnis lainnya, sampai akhirnya Bandung pun dijuluki Paris Van Java,” jelasnya.

Baca Juga:  DPRD Jawa Barat Bahas Siapa Sosok Pj Gubernur Jabar Usai Idul Adha

“Karena munculnya dari konsep perkebunan ini ketika perkebunan mensuplai kebutuhan di Bandung Raya, kemiskinan ekstrim bisa diselesaikan dengan bagaimana kita memajukan perkebunan sehingga perkebunan Jawa barat bisa naik kelas, yang tadinya di jual di Jawa Barat, bisa dijual secara nasional bahkan mancanegara,” tandasnya. (Red)

Baca Juga:  Anggota DPRD Jabar Ini Tolak Kenaikan BBM Bersubsidi dan Minta Berantas Mafia Migas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News