DPRD Minta Pemprov Jabar Perhatikan Fasilitas UPTD Pelayanan Pengelolaan Hasil Hutan di Cirebon

DPRD Jabar
Wakil Ketua Komisi II DPRD Jabar Lina Ruslinawati saat memimpin kunjungan kerja Komisi di UPTD Pelayanan Pengelolaan Hasil Hutan di Kabupaten Cirebon, Senin (5/6/2023). (Foto: Humas DPRD Jabar).

JABARNEWS | CIREBON – DPRD Provinsi Jawa Barat menyoroti kurangnya anggaran pelayanan pelatihan bagi masyarakat penghasil hutan.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Jabar Lina Ruslinawati mengatakan bahwa berdasarkan hasil kunjungan kerja di UPTD Pelayanan Pengelolaan Hasil Hutan, pihaknya menyebut ada salah satu masalah yang perlu menjadi perhatian khusus yakni terkait fasilitas pelatihan bagi masyarakat penghasil hutan.

Baca Juga:  DPRD Jawa Barat Bahas Siapa Sosok Pj Gubernur Jabar Usai Idul Adha

Terlebih, Lina menilai, UPTD Pelayanan Pengelolaan Hasil Hutan di Kabupaten Cirebon tersebut hanya memiliki satu tugas pokok dan fungsi yaitu memberikan pelayanan bagi masyarakat penghasil hutan melalui kegiatan pelatihan pemberdayaan secara berkala.

“Intinya UPTD ini ialah memberikan pelayanan kepada masyarakat, tidak ada beban keuangan, yang ada bagaimana untuk mengedukasi masyarakat yang memiliki kegiatan usaha atau mencari penghasilan di sekitar hutan biar mereka sejahtera, mereka diberikan pelatihan dari mulai budidaya on farm sampai off farm,” kata Lina saat memimpin kunjungan kerja Komisi di UPTD Pelayanan Pengelolaan Hasil Hutan di Kabupaten Cirebon, Senin (5/6/2023).

Baca Juga:  DPRD Jabar Ingin Pemerintah Segera Cabut Moratorium Pemekaran Daerah Otonomi Baru

Tak hanya pelatihan terkait pengelolaannya saja, akan tetapi pemerintah melalui UPTD Pelayanan Pengelolaan Hasil Hutan itu memberikan pembinaan terkait cara memasarkan produk agar bisa diterima di masyarakat secara luas.

Baca Juga:  Thoriqoh Nasrullah Fitriyah Berharap Perda Penyelenggaraan Perlindungan Anak Terimplementasi Baik