Pencatilan Desa Tawangsari, Daerah Jabar yang Terlupakan Pemerintah

Desa Tawangsari
Jalan rusak akses menuju Desa Tawangsari, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon. (Foto: Istimewa).

Kecamatan Losari Jabar sendiri berbatasan langsung dengan Kecamatan Losari Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah.

Jika Kecamatan Losari Jabar hanya terdiri dari 10 desa, Kecamatan Losari Jateng terdiri dari 22 desa. Jumlah penduduk Kecamatan Losari Jabar hanya sekitar 60.000 jiwa, jumlah penduduk Losari Jateng adalah 131.000 jiwa.

Baca Juga:  Soal Pengembangan Sektor Pariwisata, DPRD Jabar Dorong Pemprov Lakukan Ini

Jumlah penduduk Desa Tawangsari hingga akhir 2021 adalah 3.849 jiwa, hampir 50% tinggal di pecantilan. Karena dipisahkan secara geografis oleh Sungai Cisanggarung, praktis kehidupan mereka sehari-hari pun lebih menyatu dengan wilayah Kecamatan Losari Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga:  16 Tersangka Curanmor Diamankan, Sepeda Motor Hasil Curian diKembalikan Ke Korban.

“Celakanya, jalan untuk mencapai pecantilan itu dalam kondisi sangatlah teramat buruk. Sementara penghubung ke desa induknya hanya bisa dilakukan dengan menyeberangi Sungai Cisanggarung yang hanya bisa dilintasi sepeda motor,” jelasnya.

Baca Juga:  Harga Beras Naik, DPRD Jabar Minta Pemerintah Lakukan Ini

Jika menggunakan mobil menuju pecantilan Desa Tawangsari, kita harus melalui Kecamatan Brebes Provinsi Jawa Tengah yang sudah rusak parah. Selain jalannya kecil karena jalan desa, kondisinya pun penuh lubang sepanjang lebih dari 4-5 kilometer. Bisa dibayangkan apa yang terjadi.