Depok dan Karawang Masih Zona Merah, Ridwan Kamil Tetapkan Siaga 1 Covid-19

JABARNEWS |BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyebut saat ini wilayah Depok dan Karawang ditetapkan status siaga 1 Covid-19.

Dia mengatakan, hal tersebut dikarenakan selama satu bulan, Depok dan Karawang berada dalam status zona merah Covid-19.

“Yang menjadi catatan kami, kami siaga 1 di dua daerah yaitu Depok dan Karawang karena sudah 4 minggu zona merah terus. Dalam catatan kami yang lain naik turun, hilang berganti, tetapi dari awal Desember sampai awal Januari Depok masih zona merah, Karawang zona merah,” kata Emil, sapaan akrabnya, di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (5/1/2020).

Baca Juga:  Pesantren Di Khawatirkan Jadi Kluster Covid-19, Ini Jawaban Ridwan Kamil

Dia mengungkapkan bahwa Pemprov Jabar telah berkoordinasi dengan Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya untuk membantu memaksimalkan penanganan Covid-19 di Kota Depok.

“Kodam III Siliwangi, Polda Jabar kita segera menuju Karawang karena keterisian ruangan isolasinya juga sudah darurat. Di Karawang keterisiannya sudah 110 persen, jadi ini mungkin rekor terburuk yang pernah kita hadapi. Sehingga harus kita lakukan upaya upaya luar biasa,” ungkapnya.

Baca Juga:  Uu Ruzhanul Ulum: Saya Menyatakan Siap Divaksin dan Tinggal Tunggu Waktunya

Emil menyatakan bahwa selain Depok dan Karawang, ada beberapa daerah di Jabar yang masuk ke dalam zona merah yakni Kabupaten Cirebon, Kota Bekasi, dan Kota Tasikmalaya.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Minta KPU Tindak Tegas Paslon Pelanggar Protokol Kesehatan

“Jadi yang sekarang zona merah Kabupaten Cirebon yang tadinya orange jadi merah, kemudian Kota Bekasi tadinya oranye sekarang merah, dan Kota Tasikmalaya minggu lalu merah, sekarang merah. Jadi ini Kota Tasik juga kotanya kecil tapi sering kali zona merah. Ini mungkin perlu kita teliti lebih mendalam, karena kalau saya lihat Kota Tasik banyak perlintasan wisatawan juga,” tutupnya.

Penulis: Rian Nugraha