Ridwan Kamil: 70 Ribu Pemudik Jabar Jadi ODP Baru

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan sebanyak 70 ribu pemudik sudah masuk ke Jabar dan masuk kategori ODP. Dirinya pun mengaku khawatir dengan masuknya para pemudik tersebut terhadap penyebaran virus corona di wilayahnya.

“Dalam catatan kami sudah ada 70 ribu yang mudik duluan ke Jabar. Ini artinya kami dapati 70 ribu ODP baru pak,” kata Emil, sapaan akrabnya, dalam konferensi video dengan Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin, Jum’at (3/4/2020).

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Jakob Selalu Menyuarakan dan Menjaga Hati Nurani Rakyat

“Padahal ODP sedang kami tes dan kalau kedatangan lagi berpuluh-puluh ribu pemudik, maka kami akan kehabisan alat tes untuk yakinkan bahwa mereka pemudik yang sehat,” tambahnya.

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Tidak Ada Zona Merah Covid-19 di Jawa Barat

Emil pun mencontohkan, kasus lansia di Ciamis usai didatangani anaknya dari Jakarta. Selain itu, adanya laporan suami istri yang positif secara tiba-tiba di Bandung. Ternyata setelah ditelusuri, sang istri sempat bekerja di Jakarta. Sebelum didatangani anaknya, dia sakit tapi masih bisa dirawat tanpa ke RS.

Di Bandung ada suami, istrinya, ternyata kerja istrinya di Jakarta dan diliburkan, pulang. Setelah itu istrinya bergejala dan pas dites positif.

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Ada Delapan Daerah Zona Merah Covid-19 di Jabar

“Dua cerita ini menunjukkan bahwa jika mudik ini tidak ditahan, kami di Jabar, Jateng, Jatim, Yogyakarta pasti akan kewalahan luar biasa karena pemudik pulangnya itu ke pelosok-pelosok,” tutupnya. (Rnu)