5 Jurus Jitu Menggunakan Hair Dryer Tanpa Merusak Rambut

JABARNEWS | BANDUNG – Rambut merupakan mahkota bagi setiap orang, terkhusus bagi para wanita. Maka sangat wajar bila wanita rela menempuh beragam cara agar rambut selalu indah dan sehat.Panas Dengan cara mencuci rambut, lalu mengeringkannya menggunakan hair dryer atau pengering rambut.

Hair dryer menjadi salah satu alat perawatan rambut yang sering diandalkan oleh sebagian wanita dewasa. Pengering rambut atau hair dryer ini akan mengalirkan suhu panas melalui lubang output, sehingga udara panas akan mengeringkan rambut yang basah.

Namun sayangnya, masih banyak yang tidak sadar cara mengeringkan rambut menggunakan hair dryer yang salah, yang akan membuat rambut akan kering dan rusak. Hal tersebut biasanya penggunaan hair dryer disaat rambut yang masih sangat basah.

Lalu, bagaimana cara mengguanakan hair dryer tapi tidak membuat rambut ruksak? Dipenjelasan kali ini, ada beberapa trik jitu yang bisa dilakukan untuk mengurangi efek rambut kering dan rusak oleh hair dryer. Berikut ulasannya.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Kesehatan 27 Desember 2021: Cancer, Leo dan Virgo

1.Gunakan disaat Rambut Kering.

Kesalahan pemakaian hair dryer yang sering dilakukan ialah menggunakannya ketika kondisi rambut masih dalam keadaan sangat basah dan masih banyak air menetes.

Maka dari itu, sebelum menggunakan hair dryer, usahakan untuk mengeringkannya terlebih dahulu dengan handuk, setelah rambut lembab atau setengah kering bisa lanjut mengeringkannya dengan hair dryer.

Jika tetap memaksakan mengeringkan rambut saat masih basah menggunakan hair dryer, maka rambut malah akan menjadi kering dan rapuh.

2.Gunakan heat protectant.

Heat protectant atau pelindung panas rambut ini bisa melindungi rambut jadi paparan panas hair dryer. Heat protectant ini diibaratkan seperti SPF yang berguna untuk melindungi muka dari paparan sinar matahari. Untuk itu, menggunkan heat protectant sangatlah penting.

Baca Juga:  Tak Disangka! Ternyata Ini Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula

Bagusnya, heat protectant dapat digunakan saat rambut keadaan kering atau basah. Jadi, setelah kita mengering rambut dengan handuk, bisa langsung bisa oleskan heat protectant sebelum mengeringkan rambut pakai hair dryer.

3. Mengarahkan Hair Dryer Dengan Benar.

Ternyata menggunakan hair dryer membutuhkan dua teknik mengeringkan rambut yang berbeda, pada pangkal rambut sebaiknya mengarahkan hair dryer ke arah yang berlawanan dengan jatuhnya rambut.

Misalnya, rambut di sisi kanan wajah jatuh ke kanan, maka arahkan hair dryer ke kiri, dengan melakukan ini, akan memaksimalkan volume rambut serta mencegah anak rambut berdiri tegak seperti tersetrum listrik.

4. Mengatur Jarak Rambut Dengan Hair Dryer.

Agar tidak merusak rambut, sebaiknya gunakan hair dryer dengan jarak yang tidak terlalu dekat dari rambut maupun mengeringkan rambut di bagian kulit kepala. Hal itu akan mencegah hilangnya kelembapan dari rambut. Mulailah mengeringkan rambut dengan cara mendekatkan ujung hair dryer ke rambut dengan jarak minimal 15-20 cm.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Kesehatan 29 Desember 2021: Sagitarius, Saatnya Untuk Bernapas Dalam-dalam dan Rileks

Cara ini diklaim mampu menata rambut jadi tetap indah dan sehat. Sebab jika melakukannya dengan jarak yang terlalu dekat, maka akan membuat rambut cepat rusak seperti mudah patah, bercabang dan kering.

5.Mengatur Suhu Panas.

Penggunaan hair dryer terlalu sering punya dampak yang dapat merusak rambut, sama halnya seperti ketika sering menggunakan catokan. Suhu panas ekstrem pada alat pengering rambut juga dapat membuat ujung rambut akan kering dan bercabang.

Karena itu, aturlah hair dryer pada suhu yang paling rendah atau setara 50-60 derajat Celsius agar rambut bisa terhindar dari masalah kerusakan. Selain itu, jangan lupa lindungi rambut dengan heat protectant untuk menjaga kesehatan batang rambut.**