Ayah Bunda Wajib Tahu, Hasil Riset Sebut Paparan Bahan Kimia Ini Berisiko Turunkan IQ Anak

Ilustrasi kecerdasan (IQ) anak
Ilustrasi kecerdasan (IQ) anak (Foto: Lexica)

Hasil dari tes ini bisa digunakan untuk melihat apakah ada hubungan antara paparan BPA selama kehamilan, dengan perkembangan kecerdasan anak pada usia 6 tahun.

Hasilnya menunjukkan bahwa ibu yang memiliki paparan BPA yang lebih tinggi selama trimester awal kehamilan, cenderung memiliki anak dengan skor IQ nonverbal yang lebih rendah. Temuan ini tetap konsisten, bahkan setelah mempertimbangkan faktor lain seperti paparan BPA selama trimester tengah dan akhir kehamilan.

Baca Juga:  Diduga Tak Kuat Menanjak, Truk Kontainer Bermuatan Bahan Kimia Terguling di Tol Cipularang

Pada penelitian sebelumnya, gabungan tim peneliti dari Icahn School of Medicine di Mount Sinai, New York City, dan Karlstad University, Swedia, juga mempublikasikan hasil penelitian mereka tentang dampak prenatal dari kombinasi bahan kimia yang berpotensi mengganggu hormon pada perkembangan otak anak.

Baca Juga:  Buzzer dan Organisasi Siluman Jegal BPOM Lindungi Konsumen Air Minum

Penelitian gabungan ilmuwan AS dan Swedia itu diterbitkan dalam jurnal Environment International pada 24 Oktober 2019.

“Penelitian ini sangat penting, karena memperhitungkan beberapa paparan bahan kimia secara bersamaan. Meskipun setiap bahan kimia hadir pada tingkat yang rendah, paparan gabungan bisa berbahaya,” kata Eva Tanner, Ph.D., MPH, seorang peneliti pascadoktoral di Departemen Kedokteran Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat di Icahn School of Medicine di Mount Sinai, menyoroti pentingnya penelitian ini.

Baca Juga:  Ini Dia Tiga Manfaat Daun Patikan Kebo, Kalian Tahu Salah Satunya?