Ayah Bunda Wajib Tahu, Hasil Riset Sebut Paparan Bahan Kimia Ini Berisiko Turunkan IQ Anak

Ilustrasi kecerdasan (IQ) anak
Ilustrasi kecerdasan (IQ) anak (Foto: Lexica)

Para peneliti menganalisis keberadaan 26 bahan kimia dalam darah dan urin dari 718 ibu hamil selama trimester pertama mereka dalam sebuah penelitian di Swedia. Bahan kimia yang dianalisis termasuk BPA, senyawa kimia dari wadah plastik keras (polikarbonat) yang biasa dipakai untuk botol atau galon isi ulang penyimpan air minum dan kemasan makanan. Ada juga pestisida, ftalat, dan zat-zat lain yang ditemukan dalam produk sehari-hari.

Baca Juga:  Prajurit TNI Ajarkan Pelajar Pelaksanaan Upacara Bendera

Para peneliti menemukan bahwa ibu yang memiliki konsentrasi bahan kimia yang lebih tinggi dalam tubuh mereka selama kehamilan, menunjukkan skor IQ yang lebih rendah pada anak-anak mereka ketika anak-anak itu berusia tujuh tahun. Efek ini lebih terlihat pada anak laki-laki, yang nilainya menurun dua poin.

Baca Juga:  Berbahaya Bagi Kesehatan, Ini Lima Penyakit Akibat Merokok

Di antara campuran bahan kimiat tersebut, Bisfenol F (BPF), pengganti BPA, juga memiliki dampak yang signifikan terhadap penurunan IQ anak, sehingga menunjukkan bahwa BPF tidak lebih aman untuk anak-anak daripada BPA.

Baca Juga:  Jarang Diketahui! Ternyata Ini Manfaat Eceng Gondok Bagi Kesehatan Tubuh

Dr. Eva Tanner mengatakan, meskipun menghentikan paparan polutan dapat menghilangkan efek buruk pada orang dewasa, namun paparan selama periode kritis perkembangan janin bisa punya efek jangka panjang.(Red)