Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Kulit Wajah yang Jarang Diketahui

Tanaman lidah buaya dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit.

JABARNEWS | BANDUNG – Tanaman lidah buaya sudah cukup familiar di masyarakat Indonesia. Tanaman ini biasanya bisa ditemui di pekarangan-pekarangan rumah untuk dijadikan tanaman hias.

Ya, selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tanaman lidah buaya memang memiliki bentuk yang unik, sehingga sangat bagus jika dijadikan tanaman hias.

Seperti diketahui, tanaman lidah buaya kerap dijadikan bahan untuk berbagai jenis produk kecantikan. Alasannya, tanaman lidah buaya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan kulit.

Salah satu manfaat tersebut di antaranya adalah mampu melembapkan kulit. Bukan tanpa alasan, lidah buaya mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit.

Apalagi jika Anda rajin memakai ekstrak lidah buaya secara rutin, hal tersebut akan membuat kesehatan kulit terjaga dari luar dan dalam.

Baca Juga:  Ini Dia Tiga Manfaat Daun Patikan Kebo, Kalian Tahu Salah Satunya?

Kandungan ekstrak lidah buaya tersebut di antaranya seperti vitamin A, vitamin C, mineral, enzim dan berbagai kandungan lain yang baik bagi kesehatan kulit. Kandungan nutrisi tersebutlah yang menyebabkan lidah buaya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan kulit.

Dikutip dari PharmEasy, terdapat beberapa manfaat tanaman lidah buaya yang menarik untuk diketahui, di antaranya:

  1. Melembabkan Kulit

Jika mempunyai masalah kulit kering, ekstrak lidah buaya bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Pasalnya, lidah buaya mengandung banyak mineral dan vitamin yang mampu membuat kulit menjadi lebih lembap dan kenyal.

  1. Menyamarkan Noda Hitam
Baca Juga:  Sering Dijadikan Tanaman Hias, Inilah Manfaat Daun Miana untuk Kesehatan

Lidah buaya juga mempunyai manfaat dapat menyamarkan berbagai noda hitam di kulit. Gunakan ekstrak lidah buaya secara rutin akan membuat kulit menjadi tampak lebih cerah dari biasanya.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Perlu ketahui, ekstrak lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan luka akibat goresan loh. Bahkan jika kita terus memakainya secara rutin, lidah buaya juga dapat menghilangkan bekas luka tersebut.

  1. Mengobati Jerawat

Rasanya manfaat ekstrak lidah buaya satu ini menjadi hal yang cukup populer diketahui. Ya, ekstrak lidah buaya dapat dijadikan obat jerawat sekaligus dapat menghilang bekas jerawat pula.  Hal tersebut dikarenakan lidah buaya mengandung antimikroba dan antiseptik yang efektif melawan bakteri penyebab jerawat.

  1. Mencegah Penuaan
Baca Juga:  Mengulas Manfaat Genjer, Tanaman Liar yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Bagi yang ingin tampil awet muda, bisa menggunakan ekstrak lidah buaya ini sebagai masker. Pasalnya, lidah buaya mengandung antiinflamasi dan berbagai vitamin yang mampu mencegah tanda penuaan seperti garis-garis hingga kulit keriput.

  1. Mengatasi Iritasi

Manfaat ekstrak lidah buaya yang terakhir adalah mampu mengatasi iritasi kulit khususnya akibat terpapar sinar matahari. Kandungan antiinflamasi yang terdapat di lidah buaya mampu meredakan inflamasi atau peradangan para area kulit yang terbakar.(red)