Simak! Ini Manfaat Mandi Air Hangat, untuk Kesehatan Kesehatan

Mandi dengan air hangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. (foto ilustrasi)

JABARNEWS | BANDUNG – Setelah melakukan aktivitas seharian, banyak orang yang memilih mandi air hangat ketika mereka tiba di rumah. Hal ini pun bukan tanpa alasan, karena mandi air hangat bisa membuat tubuh seseorang menjadi lebih rileks dan segar.

Bahkan, tak sedikit orang yang memasang water heater di rumah mereka, agar bisa mandi air hangat setiap hari. Terlebih, jika mereka tinggal di daerah yang relatif dingin, mandi air hangat menjadi sebuah keharusan.

Namun, tak hanya sekadar membuat lebih segar, nyatanya banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan dengan mandi air hangat. Saking banyaknya manfaat yang diberikan, mandi air hangat bahkan menjadi budaya di beberapa negara, seperti di Jepang.

Di Jepang terdapat banyak pemandian air hangat yang dikunjungi masyarakat sepulang kerja. Pemandian yang biasa disebut Sento ini dianggap bisa membersihkan badan dan pikiran kita, setelah lelah bekerja seharian.

Nah, jika Anda masih ragu untuk mencoba mandi dengan hangat, mungkin deretan info manfaat ini bisa menjadi pertimbangan. Apa saja?

  1. Memiliki Efek Terapeutik

Manfaat pertama dari mandi air hangat adalah bisa memberikan efek terapeutik dan membuat badan menjadi lebih segar. Sebab, menurut Dermatologis asal New York, dr. Bobby Buka, kulit mampu merilis hormon endorfin ketika terkena air hangat. Hal ini pula yang membuat aliran darah ke kulit menjadi lebih meningkat.

Baca Juga:  Dinkes Ciamis: Waspadai Penyakit Memasuki Musim Penghujan

Jika ingin mencoba dan mendapatkan sensasi tersebut, cobalah mencampur air hangat dengan garam dan aduk hingga rata. Air hangat yang dicampur dengan garam juga akan membuat sel neuron menjadi lebih peka dan denyut jantung meningkat, sehingga membuat tubuh menjadi lebih segar.

  1. Meningkatkan Pernafasan

Suhu yang tak terlalu dingin dari air hangat yang Anda gunakan juga bisa berfungsi meningkatkan kapasitas paru-paru. Selain itu, temperaturnya yang hangat pun membuat asupan oksigen ke dalam tubuh Anda menjadi lebih banyak.

Bahkan, menurut beberapa studi, mandi dengan air hangat juga bermanfaat untuk menurunkan risiko serangan jantung, bisa mengontrol gula darah, dan menurunkan tekanan darah. Manfaat-manfaat ini pun sama seperti efek yang didapatkan ketika seseorang melakukan sauna.

  1. Membuat Kualitas Tidur Menjadi Lebih Baik

Banyak orang yang memilih mandi air hangat di malam hari, agar tubuh rileks dan bisa tidur dengan nyenyak. Nyatanya, hal tersebut memang tepat dilakukan, karena mandi air hangat mempunyai manfaat untuk membuat Anda menjadi lebih mengantuk.

Hal ini didukung dengan studi yang diterbitkan oleh Sleep medicine Reviews. Dalam studi tersebut ditemukan bahwa mandi air hangat maksimal 90 menit sebelum tidur, bisa membuat Anda mengantuk dan tidur lebih cepat.

Baca Juga:  Tips Mudah Memilih Buah-buahan yang Segar dan Berkualitas

Selain itu, riset tersebut juga membuktikan bahwa mandi air hangat bisa membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Sebab, suhu tubuh Anda akan meningkat, saat terkena air hangat.

  1. Membakar Kalori

Ternyata, mandi air hangat juga memberi manfaat besar lainnya yang bisa didapatkan masyarakat, yaitu mampu membakar kalori. Dalam beberapa penelitian, ditemukan bahwa berendam dengan air panas bisa membakar 126 kalori per jamnya.

Jumlah kalori tersebut juga sama dengan jika kita berjalan kaki sekitar 25-30 menit. Tak hanya itu, dalam penelitian tersebut juga ditemukan bahwa manfaat lainnya yang didapatkan dari mandi air hangat adalah bisa membuat Anda terhindar dari gula darah yang meningkat setelah makan.

  1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Nyatanya, mandi air hangat juga bisa menstimulasi brand-derived neurotrophic factor (BDNF) pada diri seseorang. Hal ini diketahui berdasarkan studi yang dilakukan pada tahun 2018 lalu.

BDNF sendiri merupakan protein yang memiliki fungsi sangat penting untuk seseorang, seperti meningkatkan kualitas hidup sel-sel saraf. Selain itu, BDNF juga berguna untuk meningkatkan kemampuan orang dalam berpikir, mengingat, dan mempelajari hal-hal yang baru.

  1. Meredakan Sakit Kelapa

Mandi air hangat tak hanya berfungsi untuk membuat tubuh segar, tetap juga bisa bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit, salah satunya adalah meredakan sakit kepala. Umumnya, sakit kepala biasanya akan terjadi pada seseorang ketika pembuluh darah yang ada di kepala mengalami penyempitan.

Baca Juga:  Mengenal Manfaat Buah Matoa Bagi Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Sakit kepala kadang kala juga membuat banyak orang menderita, akibat kepala yang sakit berkepanjangan. Nah, dengan mandi air hangat, pembuluh darah di kepala nantinya akan sedikit ‘mengendur’ dan membuatnya lepas dari tekanan. Hal inilah yang membuat sakit kepala bisa diredakan dengan mandi air hangat.

  1. Melegakan Hidung Tersumbat

Anda sering merasa hidung Anda tersumbat seperti flu, terutama jika sedang mandi dengan air dingin? Jika iya, mungkin Anda bisa segera mengubah kebiasaan mandi air dingin, dengan air hangat.

Sebab, mandi air hangat, apalagi ketika flu bisa melembabkan lubang hidung. Hal ini akan membuat hidung Anda menjadi lebih lega, karena uap yang dihasilkan dari air hangat.

Uap ini juga bisa membantu mengeluarkan lendir yang terdapat di saluran pernapasan. Jika sudah teratasi, hidung pun akan kembali lega dan tidak tersumbat lagi.

Bagaimana, apakah Anda tipe orang yang mandi air hangat menggunakan water heater atau tetap pakai air dingin? Jika Anda adalah tipe pertama dan sedang mempertimbangkan membeli water heater, tak ada salahnya untuk mencarinya di berbagai platform, seperti Blibli. Sebab, Blibli selalu menghadirkan berbagai barang kebutuhan rumah tangga, seperti water heater dengan kualitas original. (Red)