Banyak Keputusan Wasit Kontroversial, Indonesia Gapai Final Piala AFF Keenam Kali

Timnas Indonesia melaju ke final Piala AFF 2020 usah mengalahkan Singapura. (Instagram/pssi)

Indonesia berhak ke partai puncak karena leg pertama tuntas dengan skor 1-1. Bagi Timnas Indonesia, capaian itu menjadi final keenam sepanjang keikutsertaan di Piala AFF setelah sebelumnya mencatatkan pencapaian serupa pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010 dan 2016 dengan hasil tanpa gelar juara.

Baca Juga:  Taruhkan Nyawa Demi Sukseskan Pilkada, Ad Hoc KPU Sukabumi Jalani Rapid Tes

Sementara itu, pertandingan leg kedua Indonesia lawan Singapura berjalan ketat sejak menit pertama. Indonesia, yang membangkucadangkan Egy Maulana dan Elkan Baggott, bermain agresif dengan menekan lawan sejak garis depan.

Strategi tersebut membuat Singapura kesulitan mengalirkan bola dan Indonesia membuka keunggulan pada menit ke-11. Berawal dari upaya Alfeandra Dewangga yang memotong aliran bola Singapura, bola kemudian diarahkan ke Witan Sulaeman yang meliuk di antara pemain bertahan lawan.

Baca Juga:  Mau Berangkat ke Kamboja, Shin Tae Yong: Kondisi Timnas Indonesia U-23 Paling Buruk

Setelah tinggal berhadapan dengan penjaga gawang, Witan mengirimkan bola ke tengah kotak penalti di mana Ezra Walian sudah menunggu dan melesakkan bola ke dalam gawang.

Baca Juga:  Penyerang Muda Persib Siap Unjuk Gigi di Piala AFF U-16 2022

Tertinggal 0-1, Singapura bernafsu untuk menyamakan kedudukan. Upaya mereka mendapatkan ganjalan setelah bek Safuwan Baharudin dihadiahi kartu merah hasil kartu kuning kedua pada menit ke-45+3.