Bendungan Cipanas Sumedang Tuntas, Basuki Hadimuljono: Untuk Irigasi Pertanian

Bendungan Cipanas
Bendungan Cipanas di Kabupaten Sumedang. (Foto: Kementerian PUPR).

JABARNEWS | BANDUNG – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelesaikan pembangunan Bendungan Cipanas di Kabupaten Sumedang.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa hal itu dalam rangka meningkatkan irigasi pertanian di kawasan segitiga Cirebon-Patimban-Kertajati (Rebana).

Baca Juga:  Duh! Kasus Anemia Masih Ditemukan di Sumedang, Ridwan Kamil: Itu Bisa Jadi Stunting

“Pengelolaan sumber daya air dan irigasi terus dilanjutkan untuk ketahanan pangan. Bendungan dan jaringan irigasinya dibangun dengan biaya besar. Oleh karena itu, pastikan kualitas pekerjaannya baik sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mengairi sawah-sawah milik petani,” kata Basuki, Kamis (9/11/2023).

Baca Juga:  Keren, Ridwan Kamil akan Mendesain Monumen Cibaduyut

Bendungan berkapasitas 250,81 juta m3 ini dimanfaatkan sebagai tampungan air bagi irigasi pertanian dan sumber air baku di kawasan segitiga Cirebon-Patimban-Kertajati (Rebana) yang berada di Kabupaten Indramayu dan Sumedang.

Bendungan yang memiliki kapasitas 10 kali lebih besar dari Bendungan Kuningan ini diproyeksikan dapat menambah suplai air irigasi pertanian di Kabupaten Sumedang dan Indramayu seluas 9.273 hektare, khususnya di Daerah Irigasi (DI) Cipanas, Cikawung, dan Cibunut.

Baca Juga:  Air Sungai Ciririp Meluap, Akses Jalan Di Sukasari Purwakarta Pun Terputus