Bersiap Kembali Ke Pondok, Ratusan Santri di Cirebon Ikuti Tes Swab

JABARNEWS | CIREBON – Ratusan santri asal Kabupaten Cirebon difasilitasi oleh pemerintah untuk mengikuti tes usap (Swab Test) guna memastikan kesehatannya sebelum kembali ke pondok pesantrennya masing-masing.

Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengatakan telah melakukan swab test kepada 200 santri dari daerahnya yang akan kembali ke pesantren.

Baca Juga:  Kantor Desa di Lembang Tutup Sementara, Ini Alasannya

“Para santri yang akan menjalani tes usap merupakan santri asal Kabupaten Cirebon yang akan kembali ke sejumlah pesantren di Kediri, Jombang, Yogyakarta, Tuban dan wilayah lainnya,’ ujar Imron, Kamis (11/10/2020).

Ia menjelaskan dalam pelaksanaan test tersebut dilakuka selama dua hari dengan sasarn 500 santri.

Baca Juga:  Pedas! Rizal Ramli Kritik Presiden Jokowi Soal Kenaikan BBM: Tidak Kreatif, Songong Pula

“Selama dua hari mulai Kamis (11/6) sampai Jumat (12/6) dengan sasaran 500 santri,” kata dia.

Dalam pelaksanaan tes corona baru atau COVID-19, kata Imron, Pemkab Cirebon menggunakan tes usap, bukan menggunakan tes cepat, karena penggunaan tes usap ini hasilnya lebih akurat.

Baca Juga:  Emil Paparkan Inovasi Pemprov Jabar Ke Lemhannas

Nantinya, santri yang sudah menjalani tes usap tersebut mendapatkan surat keterangan sehat, untuk bisa dibawa ke pesantren yang dituju dan kepastian kondisi kesehatannya.

“Agar nanti tidak ada keraguan lagi, santri yang berasal dari Kabupaten Cirebon, kembali ke pesantren dalam keadaan sehat,” katanya. (Red)