Jamaah Umrah Tambah Membeludak, Ini Datanya

JABARNEWS | JEDDAH – Sebanyak 19.079.306 jamaah menjalankan ibadah Umrah pada 2017. Laporan itu merupakan data statistik yang tercatat di Kementerian Haji dan Umrah Saudi.

Otoritas Umum Statistik (GaStat) di Arab Saudi, merilis sebanyak 6.532.074 jamaah Umrah datang dari luar Arab Saudi. Sementara sebanyak 12.547.232 jamaah domestik (Saudi dan non-Saudi) melaksanakan Umrah tahun lalu.

Baca Juga:  Antibodi Virus Corona Sudah Ditemukan

“Data menunjukkan bahwa 46,9 persen warga Saudi dan 53,1 persen non-Saudi yang tinggal di Kerajaan Saudi melaksanakan umrah tahun lalu,” sebut rilis itu, dilansir Republika.co.id dan Saudi Gazette, Rabu (30/5/2018).

Selanjutnya dipaparkan, jamaah umrah domestik pria tercatat menyumbang sebanyak 64,3 persen dibandingkan dengan jamaah umrah perempuan sebanyak 35,7 persen. Sementara itu, buletin statistik umrah GaStat 2017 juga menunjukkan, bahwa jamaah umrah mencapai puncaknya selama Ramadhan. Umumnya, jamaah umrah berasal dari dalam Arab Saudi. Sebanyak 53,6 persen dari total jamaah melaksanakan umrah di bulan puasa.

Baca Juga:  BPS Cirebon Gelar Rakor Sosialisasi Sensus Penduduk 2020

Dari sisi kedatangan jamaah di bandara pun, di Bandara King Abdulaziz di Jeddah tercatat menerima 62,5 persen kedatangan jamaah umrah dari luar negeri, yang merupakan persentase tertinggi. Lalu, diikuti oleh Bandara Mohammed Bin Abdulaziz di Madinah yang mencatat 25,7 persen dari kedatangan umrah dari luar negeri. (Des)

Baca Juga:  Segera Dibangun Istana Kepresidenan di Lokasi Ibu Kota Baru

Jabarnews | Berita Jawa Barat