Kabar Terbaru Soal Nasib 2,3 Juta Honorer, Begini Penjelasan Menpan-RB

Menpan RB Abdullah Azwar Anas
Menpan RB Abdullah Azwar Anas. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) bersama DPR RI serta pihak terkait masih terus melakukan pembahasan terkait nasib tenaga honorer yang rencananya pada November 2023 ini akan dihapus.

Sebelumnya, ribuan tenaga kesehatan (nakes) yang bekerja sebagai honorer melakukan unjuk rasa di gedung DPR/MPR RI, Jakarta, pada Senin (7/8/2023).

Baca Juga:  DPRD Cabut Tujuh Perda Kota Bogor Karena Tak Efektif, Apa Saja?

Tuntutan mereka adalah untuk diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Namun, pertanyaannya adalah berapa banyak tenaga honorer atau non-ASN yang saat ini ada di Indonesia?

Baca Juga:  ASN Sudah Dapat THR dan Bisa Mudik, Ridwan Kamil: Kerja Jangan Leha-leha

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Azwar Anas mengatakan, jumlah pekerja non-ASN di Indonesia meningkat menjadi sekitar 2,3 juta orang. Sesuai dengan UU No. 5/2014 dan PP No. 49/2018, tenaga honorer akan dihapus pada 28 November 2023.

Baca Juga:  Pemerintah Buka Seleksi CPNS dan PPPK 2023, Segini Jumlah Formasinya

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), kata Anas, pemberhentian massal harus dihindari. “Prinsip utama dan pertama adalah tidak boleh ada pemberhentian massal,” ujar Anas di kantor Kementerian Agama pada Jumat (4/8/2023).