Klaster Baru di Ponpes Kuningan, 46 Santri Husnul Khotimah Positif Covid-19

JABARNEWS | KUNINGAN – Juru Bicara Ciris Center Covid-19 Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin mengatakan Pondok Pesantren (Ponpes) Husnul Khotimah, kini sudah menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kuningan.

Agus mengatakan saat ini sudah ada 46 santri yang terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini, aktivitas di ponpes tersebut untuk sementara ditutup.

Baca Juga:  Waspada! Selama Tahun 2023, 2.670 Konten Radikalisme dan Terorisme Bertebaran di Dua Medsos Ini

“Sekarang mereka melakukan karantina mandiri. Yang positif 46 santri Ponpes Husnul Khotimah,” kata Agus dalam keterangan Jumat (25/06/2020).

Ia memastikan akan melacak siapa saja orang-orang yang pernah kontak langsung dengan 46 santri itu, juga pihaknya akan melakukan penyemprotan disinfeksi ke seluruh lingkungan pesantren.

Baca Juga:  Kabar Baik, Ada Rencana Pelonggaran KBM Sekolah Di Kota Bandung

Sementara itu terpisah, Ketua Yayasan Ponpes Husnul Khotimah KH. Mu’tamad mengatakan, sebanyak 46 santri di ponpesnya dinyatakan positif Covid-19 setelah mereka mengalami gejala demam, batuk, dan flu.

Di mengaku, di Ponpes Husnul Khotimah sebelumnya sudah ada tujuh santri yang dinyatakan positif Covid-19. Mereka diketahui terpapar Covid-19 setelah pihak ponpes mengadakan tes swab masal kepada 1.350 santri pada 29-30 Agustus 2020.

Baca Juga:  UPI Kampus Purwakarta Lantik 6 Pengurus UKM

“Mulai tanggal 12-24 September 2020, sebagian santri mengalami batuk, flu, dan panas. Penanganan dilakukan tes swab dengan hasil terkonfirmasi positif sejumlah 46 santri, saat ini dalam proses isolasi mandiri,” ucap dia. (Red)