Pertamina Ingin Pertalite Dihapus Mulai Tahun Depan, Masyarakat Wajib Beralih ke Pertamax

Ilustrasi warga mengisi BBM di SPBU Pertamina. (Foto; unsplash.com).

Menurutnya, subsidi untuk Pertamax Green 92 lebih menguntungkan dalam pengembangan industri bioenergi dan mengurangi emisi dari sektor transportasi daripada mempertahankan subsidi untuk bensin dengan kadar oktan yang lebih rendah.

Dengan implementasi usulan ini, Pertamina akan hanya menjual tiga jenis produk BBM, yaitu Pertamax 92, Pertamax 95 (yang merupakan campuran dengan etanol 8 persen), dan Pertamax Turbo.

Baca Juga:  Menengok Penangkaran Buaya Di Desa Sukaragam Bekasi

Pertamax 92 dan Pertamax 95 disebut akan menjadi produk BBM ramah lingkungan dari Pertamina di masa depan. Pertamax Green 92 diharapkan dapat tersedia untuk masyarakat sebanyak 32,68 juta kiloliter (kl) tahun depan dengan asumsi bauran etanol 7 persen, sementara produksi Pertamax Green 95 di tahun yang sama diperkirakan mencapai 62.231 kl dengan penggunaan etanol sebesar 4.978 kl.

Baca Juga:  New Normal, Ini Panduan Aktivitas Di Rumah Ibadah

Nicke juga mencatat bahwa selama proses ini, Pertamina akan bergantung pada impor etanol, tetapi hal ini dianggap sebagai langkah sementara hingga investasi dalam produksi bioetanol di dalam negeri dapat terealisasi. (red)

Baca Juga:  Agar Tidak Was-was, Warga Jabar Harus Baca Info Penting Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News