Jadi Tulang Punggung Ekonomi Nasional, Mendes Ajak Petani Wujudkan Ketahanan Pangan

JABARNEWS | BANDUNG – Sektor pertanian terbukti menjadi tulang punggung ekonomi nasional saat pandemi, Menteri Desa Abdul Halim Iskandar ajak masyarakat untuk terus meningkatkan produktivitas pertanian.

“Ini adalah upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan dan penurunan stunting. Ayo kita ajak para petani kita untuk terus meningkatkan produktivitas pertanian. Kalau ini bisa berjalan dengan zonasi yang jelas, kita akan pastikan bahwa impor bisa dikurangi,” Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Sabtu (13/11/2021).

Ajakan itu diserukan Gus Menteri sapaan Abdul Halim Iskandar saat melakukan panen raya padi di Desa E Wonokerto, Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas, Sumatra Selatan. Mendes mengapresiasi panen raya padi ini sebagai salah satu bentuk ikhtiar dalam menjaga ketahanan pangan.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Kota Bandung Hari Ini

Baca Juga: Jelang Liga 3, Persipo Purwakarta Gelar Laga Uji Coba Lawan Persikasi

Baca Juga: Brimob Polda Sumut Salurkan Bantuan Sembako Untuk Korban Banjir Serdang Bedagai

Mendes menjelaskan, selain ketahanan pangan, panen raya padi seperti di Musi Waras ini juga menjadi salah satu jalan untuk mewujudkan penurunan stunting yang menjadi salah satu agenda Presiden Jokowi. Ia yakin, pertanian bisa menjadi salah satu jalan mewujudkan Indonesia mandiri dalam di bidang pangan.

Baca Juga: Usai Sirkuit Mandalika Dijajal Jokowi, Fadli Zon Nyinyir Begini

Baca Juga:  Waspada! Inilah Gejala Penyakit Paru-Paru Basah, Diantaranya Batuk

Baca Juga: Agar Kamar Tidur Kedap Suara, Lakukan Cara Ini

Gus Halim mengatakan, manajemen pertanian di Desa E Wonokerto tersebut layak dipuji. Panen raya di lahan sawah seluas 4 hektare tersebut merupakan yang ketiga kali pada tahun ini. Padi yang dipanen pada bulan November ini adalah hasil tanam sejak Agustus lalu.

“Panen raya padi IP 300. Dalam satu tahun bisa tiga kali panen. Artinya, manajemen petaninya bagus, pendampingan bupati juga bagus,” kata mantan ketua DPRD Jawa Timur ini.

Dalam kesempatan ini hadir juga Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan (PDP) Sugito, Plt Kepala Badan Pengembangan dan Informasi (BPI) Kemendes PDTT Razali, dan Bupati Musi Rawas Ratna Machmud.

Baca Juga:  Jadwal Adzan Magrib Untuk Kota Bandung Hari ke 4 Bulan Ramadhan

Baca Juga: Begini Cara Mengobati Kucing Diare di Rumah Tanpa ke Dokter

Baca Juga: Tiga Hal Yang Mesti Diperhatikan Ketika Membuka Bagasi Mobil

Terkait hal itu, Bupati Ratna merespons pujian Mendes dengan komitmen untuk mewujudkan Musi Rawas sebagai salah satu lumbung padi di Provinsi Sumatra Selatan.

Baca Juga: Begini Cara Menghilankan Rasa Bersalah Ketika Resah

Baca Juga: Ramalan Zodiak kesehatan 13 November 2021: Gemini, Cancer dan Leo

“Sebagai bupati saya yakin Musi Rawas akan kembali menjadi lumbung pangan di Provinsi Sumatera Selatan ini,” pungkasnya. ***