Presiden Jokowi Resmikan 7 Pelabuhan dan 4 KMP di Kawasan Danau Toba

Presiden Joko Widodo meresmikan pelabuhan dan KMP di Kawasan Danau Toba (Foto: Biro Setpres)

JABARNEWS | BANDUNG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tujuh pelabuhan penyeberangan dan empat kapal motor penumpang (KMP) di Kawasan Dermaga Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Rabu.

Presiden berharap pelabuhan penyeberangan dan KMP yang telah diresmikan dapat mendukung keberadaan Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Tanah Air.

Baca Juga:  Soal BLT BBM, Presiden Jokowi: Untuk Jaga Daya Beli Masyarakat

“Saya berharap dengan beroperasinya pelabuhan dan kapal-kapal ini akan mendukung keberadaan destinasi pariwisata super prioritas Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia. Akses ke berbagai tempat di Danau Toba jadi lebih mudah, lebih cepat, dan lebih lancar,” kata Presiden sebagaimana diikuti di kanal Youtube Sekretariat Presiden dari Jakarta, Rabu.

Baca Juga:  Duh, Pengunjung Lapas Sukabumi Gunakan Sale Pisang buat Selundupkan Sabu

Menurut Presiden, pelabuhan penyeberangan dan KMP dibutuhkan oleh masyarakat sekitar Danau Toba untuk mendukung aktivitas dan mobilitas sehari-hari. Karena itu, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan membangun secara total sebanyak 13 pelabuhan penyeberangan yang tersebar di tujuh kabupaten.

Baca Juga:  Dirjen PPMD: Berdayakan Masyarakat, Perkuat Aspek Ketahanan

“Pelabuhan dan kapal sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang tinggal di sekitar Danau Toba untuk mendukung aktivitas dan mobilitas sehari-hari, menyeberang dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain, meningkatkan konektivitas antarkecamatan dan antarkabupaten,” kata Presiden.