JABARNEWS | SUMBAR – Penyebaran berita atau informasi hoax dan ujaran kebencian, khususnya melalui media sosial semakin tinggi sehingga berpotensi memicu perpecahan bangsa.

Atas alasan itu, Senator asal Sumatera Barat sekaligus anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Emma Yohanna mengajak pemuda Indonesia untuk turut menangkal penyebaran informasi hoaks guna mencegah perpecahan.

Baca Juga:  Begini Tips Menghemat Biaya Pembangunan Rumah Dengan Modal Pas-pasan

“Pemuda memiliki peran penting dalam pembangunan bangsa salah satunya memerangi informasi hoaks dan tidak ikut menyebarkannya,” kata Emma saat menghadiri sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, di Pariaman Sumbar, Minggu(11/3/2018).

Dikutip dari Antaranews.com, kata Emma banyak hal yang dapat dilakukan oleh pemuda untuk menangkalnya seperti membantu meluruskan berita atau informasi hoax serta melakukan klarifikasi kepada masyarakat luas.

Baca Juga:  Berikut Tarif Baru Denda Tilang Elektronik ETLE

Salah seorang pemuda di Pariaman Nanda (28) menyebutkan pihaknya siap memberantas dan memerangi informasi atau pun berita hoax yang bermunculan di tengah masyarakat.

“Saya rasa semua elemen masyarakat memiliki hak dan kewajiban untuk melawan berita hoaks karena dapat merusak integritas bangsa dan negara,” lanjut pemuda lulusan Universitas Andalas tersebut.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Lagu Buat Bikin Video TikTok

Ia mengatakan beberapa hal yang dapat dan telah dilakukan dalam memerangi berita hoax seperti tidak ikut serta menyebarkannya kepada masyarakat. Menurutnya banyak informasi hoaks terutama di media sosial bermunculan dapat memecah belah kerukunan masyarakat tanpa dicerna dengan baik oleh pembaca. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat