Tiga Cara Menghemat Biaya Bisnis UMKM Saat Pandemi Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Pada masa pandemi Covid-19 ini memang semua kalangan ekonomi terkena imbasnya. Salah satunya yakni usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Hal itu membuat kita menghemat biayanya.

Untuk menghemat biaya pengeluaran bisnis UMKM, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan. Hal tersebut penting untuk kalian ketahui pada masa sulit seperti ini.

Oleh sebab itu berikut beberapa cara menghemat biaya bisnis UMKM saat pandemi COVID-19 yakni:

Baca Juga:  Anggota Marinir Meninggal Di Libanon, Parakan Majalengka Berduka

Pertama. Manfaatkan rumah sendiri sebagai tempat usaha – Jika keuanganmu terbatas atau sedang berhemat di masa pandemi, memanfaatkan rumah sebagai tempat usaha.

Daripada harus membayar uang sewa yang sangat mahal, lebih baik digunakan untuk biaya produksi maupun pemasaran guna meningkatkan penjualan.

Kedua. Maksimalkan tenaga kerja yang sudah ada – Memangkas gaji atau melakukan PHK adalah jalan terakhir untuk menyelamatkan keuangan bisnis. Jika masih ada cara lain, sebaiknya itu tidak dilakukan karena masalah ini sangat sensitif.

Baca Juga:  Kebakaran Landa Bangunan Asrama Ikhwan, Barang-barang di Gudang Hangus

Kamu dapat menghemat biaya tenaga kerja dengan langkah lain, yakni memaksimalkan karyawan yang sudah ada. Artinya, tidak merekrut karyawan baru untuk sementara waktu sampai keadaan membaik.

Baca Juga:  Adrianus Asia Sidiot: Gaji Rp300 Ribu Untuk Guru Tak Manusiawi

Ketiga. Manfaatkan teknologi – Perkembangan teknologi sudah semakin canggih. Kamu dapat memanfaatkannya untuk menghemat keuangan. Misalnya, mengganti kertas dengan dokumen elektronik, meeting atau rapat virtual dengan rekan bisnis sehingga menekan biaya transportasi dan akomodasi.

Maksimalkan juga peran teknologi untuk jualan online. Melalui internet dan media sosial, seperti instagram, twitter, facebook, youtube, tiktok dalam rangka memasarkan barang atau jasa. (Red)