Cara Jitu Atasi Bau Badan, Simak Penjelasanya

JABARNEWS | BANDUNG – Bau badan merupakan salah satu masalah yang tidak diinginkan bagi semua kalangan, Karena bau badan merupakan hal yang sangat mengganggu dan memalukan bagi sebagian orang.

Biasanya bau badan muncul ketika orang tersebut banyak melakukan kegiatan yang bisa membuat keluarnya keringat, Saat tubuh banyak berkeringat, bakteri di kulit akan mudah berkembang biak dan memecah protein pada keringat menjadi zat asam, sehingga bau badan pun menjadi tidak sedap.

Selain karena bakteri di kulit, munculnya bau badan juga bisa dipengaruhi oleh perubahan hormon androgen di dalam tubuh. Inilah salah satu alasan mengapa remaja yang sedang berada di masa pubertas lebih sering mengalami bau badan. Dilansir dari beberapa sumber, Berikut cara menghilangkan bau badan:

Baca Juga:  Apresiasi Forkopimda Jatim Tangani Covid-19, Mahfud MD: Ini Suatu Keberhasilan

1. Gunakan sabun antibakteri – Untuk menghilangkan bau badan, Anda bisa menggunakan sabun antibakteri saat mandi. Sabun jenis ini dapat mengurangi jumlah bakteri penyebab bau badan, sehingga bau badan pun akan berkurang.

2. Bunga Kecombrang – bunga kecombrang juga memiliki kandungan antioksidan dan zat-zat lain yang bermanfaat bagi tubuh. Kita bisa mendapatkan nutrisi berupa saponin, fenolik, flavonida, alkaloid, tanin, triterpenoid, glikosa, streoid, polifenol, antimikroba, vitamin, dan juga mineral. Zat-zat tersebut tentunya berguna untuk menghilangkan bau badan tidak sedap.

Cara memanfaatkan bunga kecombrang dengan menumbuk kasar bunga kecombrang dan batangnya. Lalu gunakan hasil tumbukan itu sebagai sabun pada tubuh setiap kali Anda mandi.

Baca Juga:  Dari 1.707 Koperasi di Kabupaten Bogor, 1.000 Lebih Berstatus Nonaktif

3. Daun Sirih – Daun sirih mengandung antioksidan tinggi yang berguna untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Selain antioksidannya yang tinggi, daun sirih juga memiliki kandungan berupa vitamin C, thiamin, niacin, riboflavin, dan karoten. Dengan kandungan-kandungan tersebut, daun sirih diyakini efektif untuk menghilangkan bau badan dengan cepat.

Caranya, ambil beberapa lembar daun sirih, lalu rebus dengan 2 gelas air. Kemudian campurkan pada bak air yang akan anda gunakan untuk mandi. Lalu mandilah dengan menggunakan air rebusan tersebut. Lakukan hal tersebut secara rutin, maka bau badan anda akan segera menghilang.

4. Hindari makanan dan minuman pemicu bau badan – Pemilik bau badan tak sedap disarankan untuk menghindari makanan yang bisa memicu keringat berlebih biang bau badan. Di antaranya lada, makanan pedas, dan makanan dengan aroma tajam seperti bawang. Selain itu, batasi minuman berkafein dan alkohol karena keduanya dapat memicu keringat berlebih.

Baca Juga:  Alih Fungsi Teras Cihampelas, Folmer: Pemkot Bandung Berpotensi Langgar RDTR Pasal 67 No 10

5. Daun Kemangi – Daun kemangi dipercaya memiliki kandungan atsiri yang dipercaya dapat menghilangkan bau badan. Selain itu kemangi juga dapat berfungsi sebagai antiseptik.

Dengan daun tersebut kalian bisa memanfaatkanya dengan cara mengolahnya menjadi teh dengan menjemur daun kemangi hingga kering. Kemudian tumbuk hingga halus. Selesai ditumbuk, seduh dengan air panas lalu disaring. Minumlah teh tersebut sebanyak 2 kali sehari secara rutin.

Penulis: Muhammad Amaludin