Horee, Warga Desa Citalang Punya SOR dan Mobil Pengangkut Sampah

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pembangunan fasilitas sarana olahraga (SOR) masysrakat di Desa Citalang, Kecamatan Purwakarat, Kabupaten Purwakarta rampung dibangun. Sarana olahraga tersebut dibiayai langsung dari alokasi dana desa tahun 2018.

Kepala Desa Citalang, Endang Rukanda mengatakan, APBDes Citalang pada 2018 mencapai Rp 1.848.300.790. Sedangkan, Alokasi dana desa berjumlah Rp 832.451.383, namun baru turun dua tahap.

’’Untuk alokasi sekarang, Desa Citalang alokasikan anggaran desa untuk pembuatan gedung SOR yang baru saja selesai dengan anggaran desa tahap dua berjumlah Rp 332.580.554. Anggaran tersebut baru turun pada Juni 2018,’’ ujaranya, Rabu (5/9/2018).

Baca Juga:  Ridwan Kamil Minta Semua Bekerjasama Bantu Tangani Pandemi Covid-19

Dia menambahkan, untuk pembangunan SOR lanjutan, dialokasikan sebesar Rp 99.053.622 dari alokasi dana desa tahap dua dan penyertaan dana bumdes sebesar Rp 52.660.000.

Di samping itu, Desa Citalang juga membeli satu unit mobil pengangkut sampah untuk tiga kampung yakni Karangsari, Citalang, dan Wangunjaya.

Baca Juga:  Persiapan KBM Tatap Muka, Gedung Sekolah di Cijati Cianjur Mulai Dibersihkan

’’Untuk mengangkut sampah kita beli satu unit mobil seharga Rp 180.630.000 berikut dimodifikasi. Sebelumnya sampah di sini ada yang mengangkut, tapi mobilnya nyewa dari penduduk dan iuran. Setelah membeli mobil warga tidak sewa mobil lagi,’’ ujar Endang, saat ditemui di kantor Desa Citalang.

Baca Juga:  Kapolres: Jangan Pakai Kendaraan Dinas Untuk Urusan Pribadi

Ia menjelaskan, pihak desa masih kekurangan mobil untuk mengangkut sampah dikarenakan satu unit mobil harus mengangkut sampah di tiga tempat. ’’Masih belum cukup satu mobil, idealnya tiga unit mobil untuk mobil pengangkut sampah,” ungkapnya.

Rencananya, dana desa tahap tiga akan diperuntukan membangun jalan lingkungan, dengan besaran anggaran sama dengan tahap dua. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat