Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Daging Ayam di Pasar Tradisional Purwakarta Merangkak Naik

JABARNEWS | PURWAKARTA – Menjelang hari raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 harga daging ayam di pasar tradisional Purwakarta mulai merangkak naik. Hari ini Sabtu (8/12), harga daging ayam bertengger di kisaran Rp38 ribu per kilogram.

Pedagang daging ayam di Pasar Rebo Purwakarta, Lilis mengatakan menjelang akhir tahun harga daging ayam di pasar tersebut naik perlahan-lahan dari harga-harga sebelumnya yakni Rp 32 ribu, Rp 34 ribu, Rp 36 ribu, Rp 37 ribu. Hingga sekarang Rp 38 ribu.

Baca Juga:  Yana Mulyana Ajak Warga Kota Bandung Nongkrong di Teras Cihampelas

Meski harga naik, Lilis mengatakan hingga kini belum ada peningkatan jumlah pembeli yang signifikan. Untuk jualan daging ayam, kata dia, masih sepi.

“Sudah hampir sebulan ini pembeli di tempat saya jadi berkurang, enggak ada untungnya saya jualan. Kalau pun untung itu lama dan harus terjual berapa ekor ayam,” ujarnya dihubungi jabarnews.

Baca Juga:  Seni Bela Diri Prestasi & Budaya, Aher: Pencak Silat Alat Pemersatu Masyarakat

Sepinya pelanggan, lilis menduga diakibatkan banyak pedagang lain yang banyak yang memanfaatkan momen ini untuk membanting harga. Dengan kata lain, banyak penjual daging ayam yang menawarkan dagangannya ke pembeli dengan harga yang berbeda-beda.

Dari catatannya, Lilis mengungkapkan, sejumlah pedagang berani membanting harga hingga Rp33 ribu per kilogram.

“Seharusnya para pedagang itu menjual daging dengan harga yang sama antara Rp38 ribu per kilogram, Rp37 per kilogram, atau paling minimal Rp36 per kilogram. Sehingga tidak merugikan pedagang yang lain,” jelasnya.

Baca Juga:  Masak Kangkung Pake Oli, Warga Sumedang Ini Sebabkan Keluarganya Masuk RS

Di tempat yang sama, seorang pembeli Irma (36) sangat berharap menjelang akhir tahun harga-harga bahan pokok tidak melonjak dan tetap stabil. “Supaya harga-harga bahan pokok bisa terjangkau,” ujarnya. [Nto]

Jabarnews | Berita Jawa barat