Kaya Nutrisi, Inilah 7 Manfaat Susu untuk Kesehatan Tubuh

JABARNEWS | BANDUNG – Mengkonsumsi susu setiap hari menjadi salah satu kebutuhan penting bagi beberapa orang. Biasanya susu diminum saat pagi hari sebagai menu sarapan ataupun dikonsumsi saat malam hari sebelum tidur. Susu sangat kaya akan nutrisi. Tapi, selain dijadikan minuman sehat, susu juga kerap digunakan untuk membuat kue, milk tea, dan cemilan enak lainnya.

Banyak yang menganggap susu hanya cocok dikonsumsi oleh anak-anak dan bayi. Faktanya, kandungan nutrisi dalam susu bisa memberikan nutrisi lengkap bagi orang dewasa sampai lanjut usia. Lalu, apa saja manfaat yang bisa didapat dari mengkonsumsi susu? Berikut sejumlah khasiat susu bagi kesehatan tubuh.

Menjaga Berat Badan


Mengkonsumsi susu murni bisa menjadi solusi yang tepat untuk kamu yang ingin menjaga berat badan agar tetap ideal. Sebab kandungan protein yang tinggi dalam susu murni bisa membantu kamu merasa kenyang lebih lama dan terhindar dari makan berlebihan.

Sudah banyak penelitian yang mengaitkan diet kaya kalsium dengan resiko obesitas lebih rendah. Sehingga susu bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang sedang diet.

Baca Juga:  Emil Desain Bus Wisata Unik Untuk Kabupaten/Kota Di Jabar

Menjaga Kesehatan Tulang


Susu mengandung kalsium yang tinggi dan vitamin D yang bagus untuk membantu tubuh menyerap kalsium. Nah, kalsium ini merupakan nutrisi penting buat gigi, tulang, sinyal saraf, dan pergerakan otot. Untuk anak-anak, mengkonsumsi susu setiap hari secara rutin akan membantu pembentukan tulang kuat di masa pertumbuhannya.

Tidak heran, jika susu sering ditujukan buat menambah tinggi badan anak. Sedangkan bagi orang dewasa hingga usia lanjut, mengkonsumsi susu secara rutin bisa mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Menjaga Kesehatan Kulit


Susu ternyata memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan kulit. Kandungan protein dalam susu bisa meningkatkan elastisitas kulit kamu seiring bertambahnya umur.

Selain itu, susu mempunyai kandungan vitamin D yang menjadi vitamin anti penuaan berkat dampak anti-inflamasi serta perlindungan sinar UV. Namun, pastikan kamu mengkonsumsi susu secukupnya, ya. Karena gula dalam susu yang berlebih bisa menjadi penyebab munculnya jerawat.

Menurunkan Tingkat Stres

Baca Juga:  Kulkas Kalian Mendadak Tidak Bisa Dingin? Awas, Bisa Jadi Ini Penyebabnya


Saat sedang stres, susu bisa menjadi pilihan paling tepat untuk kamu konsumsi. Pasalnya, susu mengandung vitamin D yang bisa mendorong produksi serotonin yang merupakan hormon pengontrol suasana hati, kualitas tidur, dan nafsu makan.

Dengan begitu, kamu pun bisa terhindar dari keluhan stres, lelah maupun depresi. Susu juga sudah terbukti bisa meningkatkan energi dan menurunkan gejala PMS.

Membentuk Otot


Susu adalah sumber protein yang bagus untuk tubuh. Protein dalam tubuh memiliki peran sangat penting, khususnya dalam pembentukan otot. Susu juga merupakan sumber asam amino esensial yang tidak bisa dibentuk dengan mandiri oleh tubuh.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Susu bisa dikonsumsi untuk memenuhi asupan selenium harian. Selenium ini dikenal berperan penting dalam sistem imun tubuh, antioksidan, serta perbaikan dan pembentukan DNA.

Hadirnya kandungan asam laurat pada susu juga mempunyai sifat antibakterial dan antiviral. Tidak hanya itu, manfaat susu juga bisa menjaga sistem kekebalan tubuh karena susu mengandung beragam vitamin seperti vitamin B12 dan A yang diperlukan oleh tubuh.



Bagus untuk Kesehatan Mata



Baca Juga:  Video Aksi Beringas kepada Pacar Viral, Ternyata Ini Alasannya

Produk olahan seperti yogurt dan susu bukan hanya kaya akan kalsium, tapi juga menjadi sumber vitamin A. Vitamin A dikenal bisa menjaga kesehatan mata, serta mengurangi resiko terjadinya penyakit mata. Jadi, dengan mengkonsumsi susu secara rutin kesehatan mata kamu juga akan ikut terjaga.

Demikian manfaat susu bagi kesehatan yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Ingin beli susu dari rumah? Belanja saja di Shopee! Ada banyak produk susu untuk berbagai usia dengan kualitas terbaik dan harga termurah. Menariknya lagi, ada kampanye belanja 8.8 Pesta Diskon Supermarket yang memberikan banyak promo dan diskon menguntungkan untuk para penggunanya. Mulai dari promo Serba Seribu, Cashback s/d 50%, dan Gratis Ongkir TIAP HARI. Yuk, nikmati promo-promonya untuk belanja kebutuhan pokok dengan lebih hemat pada promo Gratis Ongkir Day di tanggal 19 Juli 2021. Jangan lewatkan kesempatan mendapatkan berbagai promo di Shopee, ya! (Red)