Wisata Candi Cangkuang Garut Ternyata Situs Peninggalan Sejarah Hindu

JABARNEWS | BANDUNG – Identik dengan daerah di Jawa Tengah, Candi juga bisa kalian temukan di Jawa Barat. Salah satu candi yang berada di Jawa Barat yakni Candi Cangkuan yang berada di Leuwigoong Karanganyar, Cangkuang, Leles, Garut.

Berbeda dengan candi pada umumnya, situs peninggalan budaya satu ini berada di tengan danau. hal tersebut merupakan salah satu daya tarik wisatawan dari Candi Cangkuang ini.

Selain berada di tengah danau, Candi Cangkuang berada berdampingan dengan sejarah penyebaran Islam di daerah sekitarnya. Selain dikelilingi alam yang indah, candi ini juga memiliki suasana adat yang kental.

Baca Juga:  Ini Pesan Kapolri Untuk Pemudik Yang Balik Ke Jakarta

Untuk berkunjung ke Candi Cangkuang, wisatawan cukup membeli tiket masuk ke kawasan danau wisata Situ Cangkuang. Perjalanan dilanjutkan dengan rakit hingga ke Pulau Panjang di tengah danau. Baik tiket masuk maupun tiket rakit harganya cukup terjangkau.

Bagi anak kecil akan dikenakan harga tiket sebesar Rp 3000, orang dewasa Rp 5000. apabila kalian ingin menyebrang untuk ke candi yang ada di tengah danau, kalian bisa menyewa perahu dengan tarif RP 5000 per-orang.

Baca Juga:  Tujuh Kali Berturut-turut, LKPD Jabar Kembali Raih Opini WTP

Kawasan wisata candi dibuka untuk umum setiap hari pada jam 07.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Pada hari-hari besar Islam tertentu, area candi akan digunakan untuk perayaan.

Candi yang diperkirakan dibangun pada abad ke-8 masehi. Namun, sayangnya wujud utuhnya sudah tidak bisa kita lihat lagi. Pasalnya sebagian dari bangunan tersebut sudah lebih dari lima puluh persen sudah di bangun ulang.

Nama candi diambil dari nama daerah setempat. Kata cangkuang merupakan salah satu nama dari jenis tanaman yang banyak tumbuh di kawasan tersebut. Karena letaknya berada di pulau di tengah danau, wisatawan bisa mencapainya dengan menaiki rakit atau perahu.

Baca Juga:  Aglomerasi Mudik Bandung Raya Mulai Dibahas, Bisakah Pulang Kampung?

Sungguh menarik bukan destinasi wisata candi Cangkuang ini. Bagi yang berminat untuk berkunjung ke tempat ini, kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi. Jika kalian naik kendaraan umum, gunakan bus dengan arah Bandung – Leles hingga Alun-Alun Leles. Dari sini, lanjutkan perjalanan dengan menggunakan delman atau ojeg dengan jarak tempuh sekitar 3 kilometer. (Mal)