5 Kesalahan Membersihkan Mesin Cuci yang Sering Dilakukan

Seorang pria membersihkan mesin cuci (Foto: Freepik.com)
Seorang pria membersihkan mesin cuci (Foto: Freepik.com)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sama seperti kulkas dan AC, mesin cuci juga perlu dibersihkan secara rutin. Hal ini bertujuan buat memastikan kinerja mesin cuci berjalan lebih optimal dan tahan lama. Namun, ada beberapa hal yang perlu dihindari dalam merawat mesin satu ini, seperti berikut.

1. Tidak Membersihkan Filter Secara Rutin

Membersihkan filter mesin cuci merupakan hal yang paling penting. Soalnya, filter yang tersumbat kotoran dapat menghambat aliran air dan menyebabkan mesin cuci tidak berfungsi dengan optimal. Cukup bersihkan filter setidaknya sebulan sekali supaya mesin cuci bekerja dengan baik.

Baca Juga:  Tim Catur Indonesia Sabet Tiga Emas Kejuaraan Catur Kilat di Bangkok

2. Tidak Memakai Cairan Pembersih

Pastikan juga memakai cairan khusus untuk membersihkan mesin cuci. Hal ini bertujuan buat menghilangkan residu deterjen, kuman, dan jamur yang mungkin menumpuk di dalam mesin. Namun, ikuti petunjuk cairan pembersih agar tidak merusak mesin cuci.

3. Tidak Membersihkan Pintu dan Karet Pintu

Area ini merupakan tempat ideal untuk pertumbuhan jamur dan bakteri karena mudah lembab. Jadi, pastikan untuk membersihkan pintu dan karet pintu secara teratur. Selain itu, keringkan biar tidak menjadi sarang penyakit.

Baca Juga:  Agung Siap Jawab Kepercayaan Gomez

4. Mengabaikan Membersihkan Laci Deterjen

Sering kali residu deterjen dan kotoran menumpuk di dalam area ini. Bila tidak dibersihkan, maka akan membuat mesin menjadi sarang kuman. Jadi, pastikan tidak ada sisa deterjen yang mengeras.

5. Tidak Melakukan Pembersihan Siklus Pencucian Kosong

Melakukan siklus pencucian tanpa pakaian dapat membantu membersihkan bagian dalam mesin cuci. Gunakan air panas dan cuka untuk menghilangkan bakteri dan jamur. Nah, kamu bisa melakukan ini sekali dalam sebulan.

Baca Juga:  Selama Dua Pekan Ops Patuh Jaya, 6.377 Pengendara Bekasi Kena Tilang

Itu dia beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan mesin cuci.

Dapatkan alat bersih-bersih terbaik hanya di toko resmi online INFORMA melalui ruparupa. Di sini kamu juga bisa belanja perabot dan peralatan rumah tangga berkualitas. Yuk, belanja sekarang!***