Bahaya Bermain Game bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya kecanduan main game
Bahaya kecanduan main game bagi kesehatan tubuh. (foto: istimewa)

Deformasi tulang jari dan buku jari sebagai akibat dari penyesuaian bentuk jari dengan alat kontrol game yang dipegang , jika hal ini dilakukan selama bertahun-tahun dengan intensitas sangat tinggi.

Sementara pada kalangan anak-anak, kasus deformasi tulang jari dan buku jari sangat rentan terjadi. Hal ini karena tulang pada anak masih mengalami perkembangan.

Baca Juga:  Jamaah Calon Haji Diusulkan Jadi Prioritas Vaksin Covid-19

Bagi kalangan orang dewasa pun, bermain game dengan intensitas sangat tinggi pun tidak dianjurkan. Alasannya, terdapat beberapa kasus karena overdosis bermain game, jari-jari yang ia pakai untuk bermain game nyeri dan bengkak atau setelah ditelusuri lebih lanjut ia mengalami cedera otot tendon.

Baca Juga:  Mudah Banget! Ini Resep Bikin Seblak Ala Rumahan

Untuk kasus lain, terdapat penderita cervical spondylosis, yakni cedera tulang leher akibat posisi duduk statis selama berjam-jam karena bermain game, dan bahkan sampai penderita penyakit mental yang biasa dialami orang yang kecanduan game online.

Baca Juga:  Tiga Ide Merayakan Malam Tahun Baru Bagi Kaum Mager, Salah Satunya Bermain Permainan

Game tidak haram untuk dimainkan. Game memang dapat membuat mood membaik jika dimainkan sesekali.  Namun sebagai individu selayaknya membatasi kadar menikmati game dan bijak dalam memainkannya agar tak termasuk dalam orang yang memiliki gaming disorder. (red)