Basarnas Medan Siagakan 121 Tim SAR Pada Event F1 Powerboat di Toba

F1 Powerboat Championship
Perahu cepat akan bertanding di danau Toba. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | MEDAN – Badan SAR Nasional (Basarnas) Medan menyiagakan 121 personel rescuer untuk mengantisipasi kondisi darurat saat penyelenggaraan balap kapal motor cepat (F1 Powerboat) di danau Toba, Kabupaten Toba.

Kepala Kantor SAR Medan Budiono melalui Humas, Sariman Sitorus mengatakan, personil yang diterjunkan untuk mengantisipasi kondisi darurat yang dapat membahayakan terhadap pembalap maupun penonton di ajang balap F1 Powerboat di danau Toba.

“Siaga khusus SAR ini, tidak hanya penanganan pembalap, namun juga diperuntukkan bagi penonton dan wisatawan yang membutuhkan pertolongan dan pencarian,” ujarnya, Minggu (19/2/2023).

Menurutnya, tim SAR nantinya akan dibekali perlengkapan berupa peralatan Water Rescue, peralatan Ekstrikasi, peralatan evakuasi medis, alut air seperti KN SAR 412, RIB (Regead Inflatable Boat), Sea Reader, perahu LCR, jetski dan perahu rafting.

“Perlengakapan ini nantinya akan digunakan tim SAR apabila terjadi kondisi yang membahayakan baik pembalap atau penonton,” terang Sariman.