Gula Darah Seringkali Tinggi Saat Pagi Hari, Kenali Ini Faktor Penyebabnya

Ilustrasi pengecekan gula darah
Ilustrasi pengecekan gula darah. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG Diabetes menjadi masalah yang menyebar luas seperti epidemi. Setiap hari, miliaran orang dihadapkan dengan gangguan gaya hidup ini. Beberapa penelitian bahkan memproyeksikan peningkatan insiden penyakit ini dalam dekade mendatang.

Di India, lebih dari 100 juta orang dewasa mengidap diabetes, dan sekitar 136 juta orang berada dalam zona pra-diabetes, yang berarti risiko mereka untuk terkena diabetes sangat tinggi. Oleh karena itu, menjaga dan mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh menjadi sangat penting.

Baca Juga:  Berikut Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy A02s

Penting untuk diingat bahwa kadar gula darah seringkali cenderung tinggi di pagi hari. Ini disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk fenomena yang dikenal sebagai “fenomena fajar.”

Baca Juga:  Dipicu Hujan Deras, Longsor Menerjang Dua Kampung di Kabupaten Sukabumi

Fenomena ini terjadi ketika hormon seperti kortisol dan hormon pertumbuhan dilepaskan. Hal ini membuat hati melepaskan glukosa ke dalam aliran darah di pagi hari.

Baca Juga:  Soal Penyaluran BLT BBM, Menteri Risma: Jangan Buat Beli Rokok

Menurut mantan konsultan di AIIMS & Direktur SAAOL Heart Centre, New Delhi, India, Dr. Bimal Chhajer, selain fenomena fajar, hormon kortisol juga dapat memengaruhi peningkatan kadar gula darah di awal hari.