Hepatitis B Bisa Menular dari Ibu ke Anak, Begini Caranya

Ilustrasi penularan Hepatitis B.
Ilustrasi penularan Hepatitis B. (foto: istimewa)

Hingga saat ini hepatitis B menjadi salah satu permasalahan kesehatan global yang signifikan. Tingkat infeksi tertinggi terjadi di wilayah Pasifik Barat dan wilayah Afrika, di mana masing-masing terdapat 116 dan 81 juta orang yang menderita infeksi kronis.

Selain itu, terdapat 60 juta orang terinfeksi di wilayah Mediterania Timur, 18 juta di wilayah Asia Tenggara, 14 juta di wilayah Eropa, dan 5 juta di wilayah Amerika.

Baca Juga:  Daging Iga Asal New Zealand Ini Sang Penggugah Selera Makan

Menurut World Health Organization, di daerah yang sangat endemik, hepatitis B sering menular dari ibu ke anak saat lahir (penularan perinatal) atau melalui paparan darah yang terinfeksi (penularan horizontal). Infeksi kronis hepatitis B sering terjadi pada bayi yang tertular dari ibunya, atau sebelum berusia 5 tahun.

Baca Juga:  Pelantikan Anggota DPRD Kota Bandung Diwarnai Unjuk Rasa Cipayung

Di Indonesia, banyak kasus hepatitis B ditularkan dari ibu ke anak, menjadi salah satu penyebab prevalensi hepatitis yang tinggi.

Berdasarkan data Riskesdas tahun 2013, prevalensi hepatitis B secara umum mencapai 7,1 persen atau sekitar 18 juta penduduk Indonesia, dan sebagian besar dari mereka memiliki risiko lebih dari 90 persen hingga 95 persen untuk berkembang menjadi hepatitis B kronis.

Baca Juga:  Lesti Kejora Melahirkan Anak Pertama, Rizky Billar Sumringah