Ini Bedanya Fitur Unggulan Redmi 9A dan Redmi 9C, Dua Smartphone Terjangkau dari Xiaomi

Redmi 9A, ponsel Xiomi yang terjangkau
Redmi 9A, ponsel Xiomi yang terjangkau

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dalam dunia ponsel pintar yang terus berkembang, Xiaomi telah menjadi salah satu pemain utama dengan berbagai produknya yang terjangkau dan berkualitas. Dua pilihan terbaru mereka, Redmi 9A dan Redmi 9C, menarik perhatian banyak konsumen dengan spesifikasi yang menjanjikan dan harga yang terjangkau. Namun, penting untuk memahami perbedaan antara kedua model ini sebelum membuat keputusan pembelian. Dalam artikel ini, kita akan mengulas perbedaan antara Redmi 9A dan Redmi 9C dalam berbagai aspek, mulai dari spesifikasi hingga fitur unggulan.

1. Desain dan Tampilan

Salah satu perbedaan utama antara Redmi 9A dan Redmi 9C adalah desain dan tampilannya. Meskipun keduanya memiliki konstruksi yang serupa dengan bodi plastik yang kokoh, Redmi 9C memiliki sedikit keunggulan dalam hal variasi warna dan desain. Redmi 9C hadir dengan pilihan warna yang lebih beragam dan juga dilengkapi dengan pemindai sidik jari di bagian belakang, sementara Redmi 9A tidak memiliki fitur tersebut.

Ponsel Xiaomi Redmi 9A memiliki desain yang simpel dan terlihat modern dengan body berbahan plastik. Meski berdimensi cukup tebal, yakni 164.9 x 77.1 x 9 mm dan bobot mencapai 196 gram, HP Xiaomi masih cukup nyaman untuk digenggam.

Layar HP Xiaomi Redmi 9A berukuran 6,53 inch dengan resolusi mencapai HD+ 720 x 1600 pixel. Meskipun resolusinya terbilang kecil, tapi masih mampu tampilan gambar cukup baik untuk sebuah smartphone di kelas harga entry-level.

Berbalutkan panel IPS LCD, Redmi 9A menghadirkan rasio layar 20:9 dengan tingkat kecerahan tipikal sebesar 400 nits. Konten yang ditampilkan cukup tajam dengan warna cerah. Hanya saja, kurang ideal jika dilihat di bawah paparan sinar matahari.

Meski begitu, spesifikasi layarnya sudah memakai teknologi Low Blue Light. Mata pengguna pun jadi lebih terlindungi dari paparan cahaya biru meskipun menatap display ponsel dalam waktu yang lama.

Baca Juga:  Lakukan Ini Jika Mengantuk Saat Bekerja

Untuk tampilan fisiknya, HP Redmi 9C membawa layar berukuran 6,5 inci dengan teknologi IPS LCD dan resolusi tinggi. Keunggulan layar IPS adalah tampilan gambar yang jernih dan tajam. Selain dibekali layar besar, HP ini juga menawarkan interface MIUI 12 untuk memudahkan pengguna.

2. Performa

Dari segi performa, Redmi 9C memiliki keunggulan karena dilengkapi dengan prosesor yang lebih canggih dibandingkan dengan Redmi 9A. Redmi 9C hadir dengan MediaTek Helio G35, sementara Redmi 9A menggunakan MediaTek Helio G25. Perbedaan ini mungkin tidak terlalu signifikan dalam penggunaan sehari-hari, tetapi bagi pengguna yang menginginkan kinerja yang lebih baik dalam permainan atau aplikasi yang lebih berat, Redmi 9C menjadi pilihan yang lebih baik.

Di sektor dapur pacu, Redmi 9A mengandalkan chipset MediaTek Helio G25 (12 nm) yang berduet dengan GPU PowerVR GE8320 dan CPU Octa-core (4×2.0 GHz Cortex-A53 & 4×1.5 GHz Cortex-A53). Saat dirilis, chipset ini diklaim memiliki kinerja mumpuni serta mendukung fotografi dan gaming yang lebih mulus. Selain itu, MediaTek Helio G25 juga disebut-sebut memiliki efisiensi daya yang lebih tinggi.

Yang unik dari HP Xiaomi Redmi 9C adalah keberadaan hardware yang menjadi mesin penggerak. Meski dinilai low budget, untuk CPU HP ini membawa Mediatek Helio G35 dengan kinerja yang sangat bersaing di kelasnya, kecepatan prosesor yang ditawarkan juga mantap, hingga 2,3 GHz.

Bukan hanya CPU yang tangguh, HP ini juga sangat luar biasa dalam hal dapur pacu grafis. Menghadirkan GPU PowerVR GE8320, HP ini memberikan kesan visual yang sangat baik, terutama saat bermain game maupun video streaming.

Baca Juga:  Parkir Kendaraan Dengan Standar Tengah Ya

3. Kamera

Kualitas kamera 9A terbilang biasa saja. Ini karena konfigurasinya yang standar, yakni memakai single camera dengan lensa 13 MP (f/2.2) 28mm (wide) untuk kamera utama dan lensa 5 MP (f/2.2) untuk kamera depan.

Meski begitu, hasil fotonya sendiri sudah bisa mendukung aktivitas sehari-hari kamu. Untuk mendapatkan hasil jepretan yang maksimal, kamu bisa mengandalkan LED Flash atau memotret di kondisi cahaya yang ideal.

Kamu juga bisa andalkan fitur-fitur tambahan yang dimiliki HP Xiaomi ini. Dengan adanya fitur AI pada kamera belakang, warna pada foto akan terlihat lebih hidup.

Selain itu, aktivitas foto selfie kamu akan semakin canggih dengan adanya teknologi Palm Shutter yang dapat memotret menggunakan self timer hanya dengan menunjukkan telapak tangan ke kamera dan fitur HDR yang mampu membuat hasil foto selfie jadi lebih tajam dan jelas.

Fitur lainnya yang ditawarkan Redmi 9C selain dukungan kinerja dapur pacu yang handal, adalah fitur kamera. Terdapat 3 buah lensa kamera yang ditanamkan di HP ini sebagai peranti untuk mengambil gambar atau merekam video.

Resolusi yang ditawarkan kamera Redmi 9C juga cukup menjanjikan, yakni hingga 13 MP dengan teknologi wide, yang membuat pengambilan gambar dapat dilakukan dengan sudut pandang yang luas. Selain didukung kamera utama yang mumpuni, tersedia juga kamera depan sebesar 5 MP.

4. Baterai dan Pengisian Daya

Dalam hal daya tahan baterai, kedua ponsel ini memiliki kapasitas baterai yang sama, yaitu 5.000 mAh. Namun, Redmi 9C memiliki keunggulan dalam hal pengisian daya karena mendukung pengisian cepat 10W, sedangkan Redmi 9A hanya mendukung pengisian standar. Ini berarti pengguna Redmi 9C dapat mengisi daya baterai mereka dengan lebih cepat daripada pengguna Redmi 9A.

Baca Juga:  Dampak La Nina Bisa Bikin Pertanian Padi Gagal Panen, Antisipasi Pemerintah Apa?

Yang handal dari Redmi 9C terletak pada baterai nya. Kapasitas yang dihadirkan sebesar 5000 mAh, kapasitas yang cukup besar dan tergolong masih jarang diberikan di HP entry level. Kapasitas baterai yang besar memungkinkan aktivitas menjadi lancar, karena tidak terkendala kehabisan baterai saat waktu yang penting.

Jenis baterai yang digunakan adalah Li-Po yang dikenal lebih ramah lingkungan, lebih efektif dalam menghantarkan daya, serta tergolong lebih murah biaya produksinya, sehingga dapat menekan harga jual. Terbukti Redmi 9C dapat dibandrol di angka 1 jutaan dengan kapasitas baterai yang lumayan.

Redmi 9A dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh yang terbilang cukup besar. Menurut klaim, baterainya bahkan bisa bertahan hingga 19 jam untuk dipakai streaming film dan 14 jam untuk bermain game.

Sayangnya, Redmi 9A ini belum mendukung fitur pengisian daya cepat. Jadi waktu pengisian daya akan memakan cukup banyak waktu. Untuk mengisi baterai Redmi 9A yang berkapasitas 5000 mAh sampai kembali penuh dari 0%, membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

5. Harga

Salah satu faktor penentu utama dalam memilih ponsel pintar adalah harga. Redmi 9A umumnya memiliki harga yang sedikit lebih rendah daripada Redmi 9C, meskipun perbedaannya mungkin tidak terlalu signifikan. Ini membuat Redmi 9A menjadi pilihan yang lebih menarik bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas, sementara Redmi 9C menawarkan nilai tambah dengan fitur tambahan yang dimilikinya.

Redmi 9C berada pada kisaran harga Rp 940.000 sampai dengan Rp 1.325.000. Sedangkan untuk harga Redmi 9A berada pada kisaran harga Rp 1.035.000 hingga Rp 1.199.000.***