Inilah Tips Membersihkan Lidah Bayi Dari Sisa Susu

JABARNEWS | BANDUNG – Seperti kita ketahui, bayi yang baru lahir tentunya hanya bergantung pada makanan utama berupa susu ibu, atau susu formula. Akan tetapi, jika bayi terlalu banyak minum susu dapat menimbulkan lapisan putih yang menutupi lidah bayi. Lapisan tersebut adalah sisa susu yang menempel di lidah bayi dan tentunya hal iniw ajar dialami oleh bayi.

Terkadang banyak ibu yang khawatir dengan lapisan putih ini, karena terkadang lapisan susu ini bisa menyebabkan panas dalam dan masalah kesehatan lain pada bayi jika tidak dibersihkan.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Jawa Barat Hari ini Senin 21 November 2022

Lalu bagaimanakah cara membersihkan lidah bayi dari sisa susu? berikut di bawah ini adalah tips mudah untuk membersihkan lidah bayi dari sisa susu, di antaranya:

Bahan yang diperlukan:

  • kain kasa steril
  • gelas
  • air hangat

Cara membersihkannya:

Cucilah tangan Anda terlebih dahulu dengan sabun hingga bersih, kemudaian keringkan. Setelah itu lilitkan kain kasa di jari telunjuk lalu celupkan kain kasa ke dalam air hangat dan bersihkan lidah bayi. Setelah itu, gosok perlahan searah dan jangan terlalu dalam ke mulut bayi. Perlu Anda ketahui, membersihkan lidah bayi ini bisa dilakukan seminggu sekali atau setiap hari jika Anda cukup rajin dan jika memang lapisan sisa susu mudah menumpuk di lidah bayi. Hindari juga membersihkan lidah anak sesudah ia makan, karena bisa menyebabkan bayi muntah atau gumoh.

Demikianlah tips membersihkan lidah bayi dari sisa susu. Jika Anda akan membersihkan lidah bayi, sebaiknya dilakukan sebelum ia makan dan pastikan bayi nyaman saat Anda melakukan pembersihan lidah. Semoga tips di atas dapat bermanfaat dan semoga si kecil tetap sehat dan ceria. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari Liputan6

Jabarnews | Berita Jawa Barat

Baca Juga:  Presiden Macron Kecam Kerusuhan Demo BBM Di Paris