Kapan Sebaiknya Puasa Syawal Dilakukan? Berikut Penjelasannya

Kapan Sebaiknya Puasa Syawal Dilakukan? Berikut Penjelasannya (SUARA)

ketiga, keutamaan puasa Syawal yaitu dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Setiap muslim yang mengerjakan puasa Syawal selama enam hari, mendapat tempat mulia di sisi Alloh SWT.

Keempat, keutamaan puasa Syawal yaitu mampu mencegah gangguan pencernaan. Pasalnya, setelah melaksanakan hari raya Idulfitri biasanya umat Islam dapat kembali
makan tiga kali dalam sehari. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Oleh karena itu, keutamaan puasa Syawal dapat dijadikan kontrol menekan porsi makan. Hal ini dapat mengendalikan transisi setelah mengonsumsi makanan dengan jumlah besar dan mencegah gangguan pencernaan.

Kelima, Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tak cuma baik untuk sistem pencernaan, keutamaan puasa Syawal yaitu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat seseorang menahan rasa lapar selama puasa akan memicu sel-sel induk dalam tubuh memproduksi sel darah putih baru yang dapat menghindarkan dari infeksi.

Menurut penelitian dari University Southern California, puasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena penciptaan sel darah putih baru tersebut dapat meregenerasi seluruh sistem kekebalan tubuh. Karenanya, keutamaan puasa Syawal berperan penting dalam melindungi tubuh dari berbagai ancaman virus dan bakteri.

Begitulah 5 keutamaan puasa 6 hari di bulan Syawal yang harus kalian tahu. Tentunya, dengan mengetahui keutamaan tersebut harus membuat kita lebih semangat dalam beribadah kepada Alloh SWT.***