Kopling Motor Kalian Sering Tidak Berfungsi? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Kopling motor
Penyebab Kopling Motor sering tidak berfungsi (Foto: Tangkap layar Youtube @
MOTOR Plus)

2. Plat Kopling Bengkok – Di Dalam komponen kopling motor kita tahu bahwa setidaknya ada lima plat kopling yang terpasang. Dan jika salah satu plat tersebut bengkok, biasanya akan menyebabkan kopling tidak berfungsi dengan baik.

Kenapa demikian, karena dalam pemasangan plat kopling hanya memiliki jarak yang sangat kecil. Dengan begitu ketika hal tersebut terjadi maka tetap saja akan ada bagian yang menempel. Dan untuk mengatasinya kalian dapat melakukan overhaul sistem kopling.

Baca Juga:  Jalan Militer di Purwakarta Kembali Dikeluhkan Masyarakat

3. Kampas Kopling Habis – Kampas kopling yang habis dapat menyebabkan gesekan antara bingkai plat kopling dengan plat penekan yang karena keduanya berbahan logam. Gesekan antar logam ini yang kemudian menyebabkan plat-plat kopling menempel sehingga kopling tidak berfungsi dengan benar meskipun tuas sudah mentok.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Pisces 6 April 2022, Sayangnya Kamu Mungkin Belum Akan Menemukan Cinta yang Memenuhi Ambisimu

Tanda-tanda kampas kopling habis adalah kendaraan tak ada tenaga, walaupun sudah berada pada rpm tinggi dan mesin masih menyala walaupun sudah lepas kopling. Putaran mesin tinggi sehingga akselerasinya jelek pun merupakan pertanda bahwa kampas kopling sudah aus parah. (Red)

Baca Juga:  Charity Fashion Show for Disability Tularkan Energi Positif