Penyakit Jantung Rematik Bisa Menyerah Usia Muda, Ini Solusinya

Penyakit jantung rematik bisa menyerang usia muda
Penyakit jantung rematik bisa menyerang usia muda. (foto: istimewa)

Penggantian Katup Mitral dengan Bedah Valve

Operasi penggantian katup jantung, atau Mitral Valve Replacement, adalah salah satu cara untuk mengatasi kerusakan pada katup mitral jantung. Prosedur ini melibatkan operasi untuk mengganti katup mitral yang rusak dengan katup buatan atau katup dari donor.

Manfaat Penggantian Katup Mitral bagi Penderita RHD

Baca Juga:  Bukan Kaleng-kaleng! Ini Dia Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Tubuh

Dengan menjalani prosedur penggantian katup mitral, penderita RHD dapat merasakan manfaat seperti meredakan gejala yang tidak nyaman, meningkatkan kualitas hidup, serta mencegah atau mengurangi risiko komplikasi serius seperti gagal jantung, infeksi katup jantung, dan masalah organ lain akibat aliran darah yang terganggu.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Capricon, Aquarius dan Pisces: Angkat Kaki Anda dan Bergeraklah

Pengalaman Penggantian Katup Mitral di Mayapada Hospital Surabaya

Operasi penggantian katup mitral telah berhasil dilakukan di Mayapada Hospital Surabaya. Salah satu pasien pria berusia 42 tahun mengalami keluhan seperti kelelahan meski tidak melakukan aktivitas berat, sesak napas, dan gangguan pernapasan.

Baca Juga:  Bagi Penderita Jantung Sebaiknya Hindari Makanan Ini

Setelah konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, pasien tersebut didiagnosis mengalami kebocoran pada katup jantung dan menjalani operasi penggantian katup mitral. Dr. Yan Sembiring, Sp.B, Sp.BTKV, Subsp. VE (K), seorang spesialis bedah toraks, kardiovaskular, dan vaskular di Mayapada Hospital Surabaya, melakukan operasi ini.