Penyakit Jantung Rematik Bisa Menyerah Usia Muda, Ini Solusinya

Penyakit jantung rematik bisa menyerang usia muda
Penyakit jantung rematik bisa menyerang usia muda. (foto: istimewa)

Secara teknis, dalam penggantian katup mitral, jantung pasien dihentikan sementara dan fungsi jantung diberikan kepada mesin jantung-paru (Cardiopulmonary Bypass Machine). Katup mitral yang rusak kemudian diganti dengan katup buatan dari logam.

“Melihat kondisi medis pasien yang masih relatif muda, kami memutuskan untuk menggunakan katup buatan dari logam yang bisa bertahan selama 20 hingga 30 tahun. Setelah operasi, pasien mengalami perbaikan yang signifikan dan dapat kembali beraktivitas tanpa masalah,” papar Dr. Yan dalam keterangan tertulis pada Rabu (9/8/2023).

Baca Juga:  Bupati Indramayu Kena OTT KPK

Pasien saat ini masih dalam proses pemulihan, dengan pemantauan intensif dan penggunaan obat-obatan khusus untuk mengurangi risiko infeksi dan pembekuan darah. Proses mulai dari deteksi, diagnosis, hingga operasi penggantian katup mitral telah berhasil dilakukan pada bulan Juni di Pusat Kardiovaskular Mayapada Hospital Surabaya.

Baca Juga:  Serangan Jantung Bisa Menyerang Usia Muda, Kenali Ini Penyebabnya

Perlu diketahui bahwa Mayapada Hospital Surabaya, sebagai bagian dari kelompok rumah sakit Mayapada, telah berhasil melakukan operasi penggantian katup mitral. Rumah sakit ini terlibat dalam seluruh tahapan, dari persiapan hingga pemulihan pasca operasi.

Baca Juga:  Penganut Islam Aboge di Banyumas Putuskan Hari Idul Fitri pada Jumat Ini

Untuk konsultasi lebih lanjut, Pusat Kardiovaskular tersedia di semua unit rumah sakit Mayapada, siap memberikan penanganan komprehensif terhadap berbagai masalah jantung. (red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News