Olahraga Ini Tepat untuk Kesehatan Jantung, Lakukan Secara Rutin

Aktif berolahraga diyakini bisa memperpanjang usia (1)
Aktif berolahraga diyakini bisa berdampak baik bagi kesehatan paru-paru. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNGPenyakit jantung masih menjadi salah satu penyebab utama kematian di Indonesia. Faktor-faktor yang memicu peningkatan kasus ini termasuk tekanan darah tinggi, kegemukan, diabetes, kebiasaan merokok, serta kurangnya aktivitas fisik.

Menanggapi kurangnya aktivitas fisik, dr. Berlian Idriansyah Idris SpJP, seorang spesialis jantung, berpendapat bahwa orang lanjut usia juga perlu menjalani rutinitas olahraga.

Baca Juga:  Fariz RM Ditangkap Di Depan Keluarga

Menurut Berlian, bahkan olahraga ringan yang dilakukan secara teratur dapat memberikan manfaat signifikan bagi kesehatan jantung.

“Sebaiknya lakukan olahraga setidaknya setengah jam setiap hari selama empat hari dalam seminggu, dan lebih baik lagi jika bisa mencapai target aktivitas aerobik sesuai dengan usia,” ungkap dr. Berlian dalam acara Talkshow tentang Mempertahankan Kesehatan di Masa Tua pada Sabtu (12/8/2023).

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari ini Posisi Keuanganmu Saat Ini Dalam Keadaan Positif

“Jika mungkin, lakukan lebih banyak. Namun, jika olahraga yang dipilih tidak melibatkan gerakan fisik seperti dalam catur, tetaplah melakukan yang terbaik,” tambahnya.

Baca Juga:  Kiki Amalia Terkejut Banyak Mantan Pacar Agung Nugraha yang Menghubunginya

Sementara itu Dr. Ngabila Salama, perwakilan Dinas Kesehatan DKI Jakarta berpendapat bahwa masyarakat dianjurkan untuk melakukan berbagai jenis olahraga.