Persaingan Caleg Di Dapil 6 Karawang Bakal Sengit, Ini Pemicunya

JABARNEWS | KARAWANG – Persaingan calon legislatif (Caleg) di daerah pemilihan (Dapil) 6 Karawang pada lihan legislatif (Pileg) 2019 bakal sengit. Itu dipicu adanya penambahan kuota kursi dan penambahan wilayah pemilihan.

Dapil yang sebelumnya meliputi Kecamatan Purwasari, Klari, Majalaya, dan Kecamatan Ciampel kini ditambah satu kecamatan lagi, yaitu Karawang Timur. Imbasnya, jumlah kursi pun bertambah, semula 7 kursi menjadi 10 kursi.

Persaingan meraih suara semakin ketat karena semua petahana anggota DPRD Karawang di Dapil 6 ini (kecuali Budiwanto dari PKS yang mencalonkan di DPRD Jabar)  maju kembali di Pileg 2019.

Baca Juga:  Ngaran Rupa-rupa Lalab Karesep Urang Sunda

Mereka yaitu Nyi Sekar Arum (PDIP), Toto Suripto (PDIP), Saefudin Permana (Golkar), Ajang Supandi (Gerindra), Suci Nurwinda (Demokrat), H Asep Dasuki SE (dulu PPP sekarang PKB), Endang Sodikin (Gerindra), dan Dedi Rustandi (PPP). Bahkan, dua mantan anggota DPRD Karawang yaitu Nanda (PKS) dan Muhtar (Demokrat) juga kembali mencalonkan diri pada Pileg 2019.

Politisi PPP, Dedi Rustandi, mengatakan, kondisi itu merupakan dinamisasi politik yang sangat luar biasa khususnya bagi warga dapil 6.

”Masyarakat lebih punya banyak pilihan untuk menyalurkan aspirasinya. Dan kita optimis PPP di dapil 6 tetap bisa meraih kursi,” ujar Dedi yang sebelumnya terpilih dari dapil 1 Karawang.

Baca Juga:  Kejaksaan Magelang Musnahkan Bahan Peledak Mercon

Anggota dewan lainnya, Saepudin Permana, menyampaikan, ada 16 partai politik yang akan kontes dalam pileg mendatang. Dengan demikian jumlah dewan yang maju di dapil 6 lebih banyak jika dibandingkan Pileg 2014.

”Dewan petahana tidak menjadi jaminan menang. Itu mah kembali pada masyarakat,” ujar anggota DPRD Karawang dari Partai Golkar itu.

Endang Sodikin, anggota dewan yang tahun 2014 lalu terpilih dari dapil 1, di tahun 2019 mendatang juga akan pindah ke dapil 6, mengaku sudah mulai turun ke tengah-tengah masyarakat untuk bisa kembali menjadi anggota DPRD Karawang.

Baca Juga:  Beginilah Cerita Janda 75 Tahun Asal Pangandaran, Soal Istana Reyotnya

”Allah yang jamin (untuk menang)” kata Endang yang merupakan politisi Gerindra.

Yusuf Nurwenda, pendatang baru yang ikut meramaikan pencalonan legislatif melalui dapil 6 melalui partai NasDem mengaku, akan berjuang untuk bisa menjadi wakil rakyat pada 2019. Pasalnya, ia mengaku merasa selama ini banyak suara rakyat yang tidak tersampaikan bahkan tidak diperhatikan. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat