Wajib Kalian Ketahui! Olah Raga Dibawah Guyuran Hujan Banyak Manfaatnya

JABARNEWS | BANDUNG – Olahraga merupakan salah satu kegiatan atau aktivitas yang baik untuk kesehatan tubuh, apalagi kita melakukannya di luar ruangan. Namun, saat ini telah memasuki musim hujan.

Kebanyakan orang pasti memilih olahraga di dalam ruangan ketika hujan, tetapi banyak yang belum tahu bahwa olahraga ketika hujan memiliki banyak kelebihan serta manfaat bagi tubuh kalian.

Oleh sebab itu, dilansir dari beberapa sumber. Berikut kelebihan melakukan olahraga sambil hujan-hujanan:

Pertama. Membakar kalori lebih banyak Olahraga saat hujan membuat tubuh bekerja ekstra. Kalori yang dibakar pun jadi lebih banyak. Hasil riset oleh ahli dari Jepang yang diterbitkan di oleh International Journal of Sports Medicine, meneliti orang yang berlari di tengah hujan selama 30 menit.

Baca Juga:  Febri Tak Percaya Mitos

Para peneliti lantas mengukur pernapasan, suhu kulit, konsumsi oksigen, aktivitas otot, dan tingkat stres. Hasilnya, tubuh pelari tersebut bekerja lebih keras dan kalori yang terbakar lebih banyak.

Kedua. Tubuh lebih lincah Mengubah kebiasaan latihan atau olahraga dapat membuat tubuh lebih lincah. Misalkan, mengganti kebiasaan lari di tempat yang rata atau mendatar jadi sedikit menanjak.

Baca Juga:  Bupati Cirebon Minta Semua SKPD Segera Selesaikan LPPD dan LKPJ Tepat Waktu

Bisa juga mengganti kebiasaan lari di dalam ruangan menjadi di luar ruangan. Atau saat cuaca panas jadi hujan. Setiap kali memberikan rutinitas atau tantangan baru dalam olahraga, tubuh akan berupaya keluar dari zona nyaman. Tak hanya bermanfaat untuk fisik, kepercayaan diri juga meningkat.

Ketiga. Menghilangkan Stres – Olahraga di luar ruangan dapat menjernihkan pikiran. Terlebih jika diberi sensasi hujan. Menurut Joshua M. Smyth, Ph.D. dari Social Science Research Institute di Penn State University, rintik hujan dapat mengusir stres. Hujan bersifat terapeutik yang dapat membuat otak rileks dan bikin nyaman juga membuat orang merasa damai.

Baca Juga:  Ustad Dan Guru Ngaji Di Jatiluhur Dapat BPJS

Keempat. Lebih bersemangat Atlet sepeda gunung profesional, Kate Courtney, menyebut pelatihnya kerap memotivasi dengan hujan saat olahraga agar tangguh. Ia pun kerap berlatih dengan bersepeda di tengah guyuran hujan untuk latihan ketahanan fisik. Olahraga saat hujan juga bisa menambah sensasi petualangan, sehingga jadi lebih bersemangat.

Penulis: Muhammad Amaludin