Ragam Manfaat Papermint Bagi Kesehatan, Bisa Atasi Sakit Kepala

JABARNEWS | BANDUNG – Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan daun mint. Daun mint biasanya sering dijumpai sebagai bahan campuran pasta gigi, obat kumur, permen, dan aromaterapi.

Daun mint memiliki rasa pedas yang khas dan aroma yang menyegarkan. Di balik sensasi rasanya yang dingin dan menyegarkan, daun mint memiliki beragam manfaat baik untuk tubuh.

Oleh sebab itu berikut beberapa manfaat daun mint yakni:

Baca Juga:  Diskar PB Kota Bandung Ungkap Penyebab Sulitnya Pemadaman Api di Pabrik Triplek

Pertama. Mengatasi sakit kepala – Manfaat pertama dari daun mint, yakni bisa mengatasi sakit kepala. Sakit kepala disebabkan oleh otot-otot kepala yang tegang sehingga neuron tertarik dan menyebabkan sakit yang tidak tertahan.

Penyakit ini biasanya muncul ketika kita sedang merasa stres atau lelah. Sebuah penelitian di Kanada menyatakan penggunaan aroma dari daun mint bisa menjadi solusi.

Baca Juga:  Di Kota Cimahi Pun Ada Pemilih Ganda, Nih Faktanya

Kedua. jaga kesehatan gigi – Mungkin Anda tak asing ketika menggunakan pasta gigi atau obat kumur yang memiliki rasa mint. Daun mint dapat memberikan efek segar pada mulut dan pernapasan.

Selain itu, pasta gigi dan obat kumur yang terdapat kandungan daun mint bermanfaat untuk membunuh bakteri yang menempel di gigi, gusi, dan dinding mulut.

Ketiga. Kaya antioksidan – Daun mint memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan ini dapat membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif, yang merupakan kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas.

Baca Juga:  Polres Purwakarta Amankan Peringatan Waisak

Daun mint juga mengandung alkohol perillyl yang dianggap mampu menghentikan pembentukan atau penyebaran kanker. Antioksidan lain, seperti asam rosmarinic yang ada di daun mint mampu membantu mencegah dan mengobati alergi tertentu. (Red)