Mengunjungi Situs Megalitik Arca Domas Di Desa Tapos 1 Bogor

JABARNEWS | BOGOR – Berlokasi di Desa Tapos 1, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jawa barat terdapat salah satu Situs Megalitik Arca Domas yang menyimpan rahasia masa lalu.

Tempat ini merupakan situs berbentuk kompleks (kumpulan situs) yang fungsinya disinyalir sebagai tempat perkumpulan dan tempat peribadatan para punggawa raja, yang dipimpin oleh Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pakuan-Pajajaran.

Di dalam komplek ini terdapat persebaran situs diantaranya Situs Jami Piciing, Balekambang, Pasir Manggis, Arca Domas, Endong Kasang, Cipangantehan dan situs Batu Bergores.

Adapun situs-situs tersebut membentuk batu kubur, dolmen (mirip meja berukuran lebih pendek), menhir (batu panjang yang berdiri) dan batu bergurat-gurat yang diyakini sebagai pahatan tulisan kuno.

Baca Juga:  Sambut HUT Bhayangkara ke-75, Polres Purwakarta Gelar Vaksinasi Massal

Berlanjut lebih dalam memasuki hutan pinus, terdapat gerbang dan anak tangga yang mengarah menuju bukit kecil. Setibanya di teras pertama, pengunjung akan menjumpai hamparan rumput yang di tengah-tengahnya terdapat formasi batu kubur dengan lima menhir berukuran kecil berdiri melingkar.

Namun dari semua situs yang ada di kompleks tersebut satu yang paling besar adalah Situs Arca Domas. Konon, bagian ini sekaligus lebih sakral dibanding situs-situs lainnya. Berlokasi di teras paling atas, bentuk situs ini menyerupai tiga buah menhir yang berdiri melingkar, namun miring ke arah luar lingkaran.

Baca Juga:  Duh! Ratusan Anak di Kota Bekasi Kehilangan Orang Tua Selama Pandemi Covid-19

Tinggi dari ketiga menhir itu mencapai 1,5 m dengan kondisi yang sudah berlumut. Menurut warga setempat, bentuknya mirip seperti bunga yang sedang mekar. Tak jauh berbeda dari Balekambang, fungsi dari situs ini sendiri juga diperkirakan sebagai tempat melakukan ritual.

Dilihat dari sumber batuan yang digunakan untuk menyusun komplek situs-situs ini, diketahui mereka semua terbentuk pada zaman Pleistosen yang terjadi sekitar 5 juta tahun lalu.

Selain kompleks situs tersebut, di tempat ini juga terdapat air terjun bernama Curug Cipeuteuy. Lokasinya berjarak 1 km dari kompleks situs dengan kondisi jalan tanah hutan yang menanjak.

Baca Juga:  Wah, Bawaslu Subang Temukan 10.174 Pemilih Ganda

Akses menuju situs Cibalay ini terbilang mudah, walaupun cukup jauh dari pusat Kota Bogor. Jaraknya sekitar 12 km untuk sampai di lokasinya melalui jalur Empang-Ciapus-Tamansari-Tenjolaya.

Dari Bogor Trade Mall, kalian bisa menaiki angkutan umum dengan tarif Rp10.000 dan turun di Desa Tapos 1. Tepat di pertigaan menuju situs, terdapat gapura selamat datang di sebelah kiri jalan sebagai penanda. (Red)